Cara Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah

Ilustrasi anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/vikvarga

VIVA.co.id – Sebagai orangtua, tentu tidak ada yang menginginkan anaknya kurang konsumsi sayur dan buah, Namun, anak sering menolak makan sayur dan buah karena merasa sayur dan buah adalah makanan yang tidak menyenangkan, tidak enak dan pahit.

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Padahal di masa pertumbuhan, anak sangat membutuhkan asupan gizi sayur dan buah.

Untuk itu, mengenalkan sayur dan buah pada anak sedini mungkin menjadi hal penting, dan wajib dilakukan orangtua.

Anak Kurang 1 Tahun Banyak Alami Neophobia, Apa Itu?

Psikolog Keluarga Ayoe Sutomo, M.Psi, dalam acara Diskusi Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis, di Jakarta beberapa waktu lalu membeberkan cara agar anak mau makan buah.

Ada tujuh cara membuat anak doyan makan sayur dan buah, cara ini akan mempermudah tugas orangtua saat memberikan sayur dan buah.

Anak Susah Makan Sebabkan Gampang Sakit Hingga Malnutrisi, Orang Tua Harus Lakukan Ini

"Pertama kenalkan sayur dan buah sedini mungkin, bahkan sejak dalam kandungan, kedua biasakan menu sayur dan buah," papar Ayoe.

Poin ketiga, Ayoe memberi contoh, adalah memberikan pemahaman pada anak, sesuai dengan usianya.

"Misal kanak-kanak mereka peniru ulung, mereka meniru apa yang dimakan orangtua, kalau remaja itu konformitas, 'yang penting apa kata temen gue', bagaimana kita sebagai orang tua memberi konsep sehat itu keren pada anak remaja, seperti makan buah kulit mulus," ujarnya.

Keempat adalah ciptakan kreasi dari sayur dan buah. "Misalnya seperti brokoli di dalam jeli," sarannya.

Poin kelima yaitu menu menarik dari sayur dan buah. Kemudian keenam, berikan contoh dan pemahaman pada anak tentang pentingnya makan sayur dan buah.Dan poin terakhir, sebaiknya ibu bisa variasikan bentuk lain dari sayur dan buah.

Ilustrasi anak makan buah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya