Penyebab Wanita Hamil Rentan Mengidap Diabetes

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kehamilan merupakan sesuatu yang membahagiakan bagi setiap wanita. Namun, salah satu risiko masalah kesehatan yang umum dialami oleh para wanita hamil yaitu diabetes.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Biasanya, kondisi yang terjadi ini dinamakan dengan diabetes gestasional. Jenis diabetes ini, merupakan jenis yang bisa sembuh dengan sendirinya.

"Tidak semua diabetes itu tidak bisa disembuhkan, salah satunya diabetes pada ibu hamil," ujar spesialis Endocrinology, Diabetes and Metabolism, Prof.Dr. dr. Sidartawan Soegondo,Sp.,PD, di acara Hidup Sehat Dengan Diabetes di kawasan Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pembunuh Wanita Hamil di Ruko Kelapa Gading Ditangkap

Menurut Sidart, kondisi kehamilan memang menyebabkan wanita rentan mengalami diabetes di momen tersebut, yakni kadar gula darah yang di atas normalnya. Hal itu, ternyata disebabkan oleh hormonal yang berubah saat kehamilan terjadi.

"Kelainan hormonal itu sebabkan resistensi insulin. Makanya insulin tidak berfungsi dgn baik. Sehingga, memang sudah SOP saat ibu hamil ke dokter, harus dicek kadar gula darahnya, dan memang biasanya tinggi," ucapnya.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ditambahkannya, diabetes jenis ini cenderung terjadi pada awal-awal kehamilan, yakni trimester pertama. Penanganannya sendiri, tidak jauh berbeda dengan diabetes jenis lain yaitu pemberian insulin.

"Berikan suntik insulin saja, jangan yang pil. Berikan selama masa kehamilan, tapi setelah hamilnya selesai, diabetesnya akan hilang dengan sendirinya."

Konsumsi yang pas buat ibu hamil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya