Trik Jitu Agar Si Kecil Tak Lagi jadi Pemilih Makanan

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Sebagian orangtua sering kewalahan saat menghadapi si kecil yang suka pilih-pilih makanan. Hanya mau mengonsumsi jenis makanan tertentu, bisa membuat anak berisiko mengalami masalah kurang gizi.

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Untuk itu, salah satu chef handal, Roger Mooking, membagi resepnya untuk si kecil yang pemilih.

Si kecil yang menjadi seorang pemilih makanan, akan sulit mendapatkan asupan gizi seimbang untuk kebutuhan tubuhnya. Oleh karena itu, resep ala chef ini bisa menjadi alternatif jitu untuk melengkapi gizi buah hati dikutip dari laman Today's Parent.

Anak Kurang 1 Tahun Banyak Alami Neophobia, Apa Itu?

1. Beli satu makanan jenis baru setiap minggu

"Saat belanja mingguan, usahakan para anggota keluarga memilih satu jenis makanan yang jarang ada di rumah," ujar Roger. Bisa mencakup makanan apa saja seperti buah atau sayur hingga bentuk daging yang unik.

Anak Susah Makan Sebabkan Gampang Sakit Hingga Malnutrisi, Orang Tua Harus Lakukan Ini

Dengan begitu, si kecil akan tertarik dan mulai memiliki keberanian untuk mencoba makanan apa saja. Sehingga, perlahan dapat mengubah pola pikirnya untuk tidak lagi menjadi seorang pemilih.

2. Formula berbeda

Misalnya, si kecil tidak menyukai satu jenis sayuran. Bentuk inovasi dan modifikasi dengan rasa berbeda, sehingga menghasilkan tekstur yang juga unik, agar si kecil tertarik untuk mengonsumsinya.

3. Berikan pilihan

Sebelum membuat menu makan, usahakan ajak si kecil untuk ikut memikirkan makanan apa yang ia mau. Berikan dua pilihan sebagai kunci sehingga ia bisa memilih makanan yang ia sukai. Ajak juga si kecil untuk ikut mengolah makanannya sendiri di dapur bersama Anda.

Saat si kecil mau untuk ikut mengolah makanan bersama Anda, perlakukan ia selayaknya orang dewasa. Berikan pemahaman akan proses mengolahnya dari dasar hingga membentuk makanan yang nikmat dan lezat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya