Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh Lewat Jam Bangun Tidur

Ilustrasi alarm dan bangun pagi.
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA.co.id – Seperti halnya jam yang tertempel di dinding, tubuh Anda juga memiliki jam tubuh yang merekam waktu. Jadi, tubuh bisa mengetahui waktu tanpa harus menggunakan jam sungguhan.

9 Tips Bangun Pagi untuk Kamu yang Selalu Kesiangan

Jam biologis itulah yang berperan dalam membuat Anda tertidur dan bangun pada waktu tertentu setiap hari.Tapi, jika Anda memiliki masalah tidur tepat waktu atau jika Anda bangun secara tiba-tiba tanpa memenuhi siklus tidur, bisa jadi Anda mengalami masalah kesehatan yang suatu saat akan muncul.

Meski tidak terlalu mengkhawatirkan, ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter jika terbangun tiba-tiba setiap malam. Berikut ini adalah kondisi kesehatan yang ditunjukkan oleh jam bangun Anda seperti dilansir Boldsky.

Bangun Tidur Merasa Lelah, Cobain Gerakan Ini Yuk

Jam 21.00-23.00
Jika Anda sudah tertidur sebelum jam 20.00 tapi kemudian terbangun antara pukul 21.00 – 23.00, hal ini mengindikasikan bahwa Anda mengalami stres atau kekhawatiran akan masalah finansial. Anda sebaiknya melakukan olahraga atau melakukan teknik relaksasi agar tidak segera terbangun begitu Anda tidur.

Jam 01.00-03.00 pagi
Tidak peduli jam berapapun Anda tidur di malam hari, jika Anda terbangun antara pukul 01.00-03.00 pagi, ini dapat mengindikasikan apakah Anda mengalami masalah liver atau kemarahan yang tidak terlampiaskan. Tapi, Anda tidak perlu panik sebelum memeriksakannya ke dokter. Minumlah air dingin dan tidur lagi, kemudian konsultasikan kondisi ini pada dokter.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Jam 03.00-05.00
Jika Anda terbiasa tidur lebih awal dan bangun antara pukul 03.00-05.00, ini adalah kebiasaan baik. Tapi, jika Anda tidur telat dan terbangun lebih awal karena insomnia, artinya Anda bisa saja menderita masalah masalah emosional kesedihan.

Jam 05.00-07.00
Jika Anda tidur larut malam kemudian terbangun karena tidur yang terganggu, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda mengalami masalah usus atau pikiran yang kusut.

Ilustrasi wanita/sweater.

Bangun Tidur Jangan Ngeluh, Senyum Yuk Agar Mood Happy!

Selalu berpikir positif saat bangun tidur, apresiasi diri sendiri dan tersenyum agar dapat menjalani hari lebih baik. Dengan begitu, mood lebih terjaga.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2022