Aturan Makan Cokelat Agar Otak Lebih Cerdas

Tremor biasanya merupakan indikasi terdapatnya gangguan sistem saraf
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id – Kabar baik bagi pencinta makanan manis, karena menurut sebuah penelitian terbaru, mengonsumsi cokelat sekali dalam sepekan dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Studi yang dilakukan di pusat Main-Syracuse Longitudinal oleh Merrill Elias melakukan penelitian terhadap lebih dari 1.000 orang. Para peneliti menggunakan sejumlah tes kognitif yang berbeda pada orang yang tidak pernah atau jarang makan cokelat dan memberikan tes yang sama dengan mereka yang makan cokelat setidaknya sekali sepekan.

Orang-orang yang secara teratur makan cokelat mendapatkan penilaian lebih baik pada ujian kognitif dan sukses lebih baik pada tugas-tugas sederhana, seperti mengingat nomor telepon.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

"Kami menemukan bahwa orang yang makan cokelat setidaknya sekali seminggu cenderung tampil lebih baik secara kognitif," kata Elias, seperti dilansir dari Life Hack.

Manfaat utama dari makan cokelat sekali sepekan dapat meningkat memori visual-spasial, memori kerja, pelacakan, dan penalaran abstrak.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

Ilustrasi dark chocolate/cokelat

Zat flavonol yang ditemukan secara alami dalam kakao, bahan dasar cokelat, memiliki efek positif pada otak manusia. Banyak penelitian telah menemukan bahwa flavonol dapat mengurangi efek penuaan pada memori dan kemampuan kognitif.

Penelitian ini menguji 90 orang lanjut usia selama delapan pekan dan pada rata-rata orang-orang yang mengonsumsi flavonol tingkat tinggi bisa menyelesaikan tes mereka lebih cepat.

Studi lain yang dilakukan pada 2010 menemukan bahwa flavonol meningkatkan kekuatan otak. kandungan flavonol yang ada dalam kopi dan teh ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa meningkatkan kemampuan kognitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya