Ketahui Lima Vitamin Penting bagi Wanita

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA.co.id – Saat ini semakin banyak wanita yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan. Berbagai perawatan dilakukan untuk dapat menjaga kesegaran tubuh dari luar maupun dalam.

Dr. Zaidul Akbar: 3 Tanda Tubuh Wanita Sedang Bermasalah

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, vitamin adalah salah satu komponen penting yang tak boleh dilewatkan. Vitamin merupakan senyawa yang dapat membuat tubuh berfungsi lebih maksimal dan setiap vitamin memiliki fungsi yang berbeda-beda di dalam tubuh.

Lalu, vtamin apa saja yang dibutuhkan terutama oleh wanita agar tetap sehat? Berikut di antaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Mengenal Polip Rahim, Jarang Dialami Wanita Tapi Berisiko Kanker

Vitamin A

Vitamin ini mengandung antioksidan dan dapat membuat tulang, jaringan kulit dan gigi menjadi lebih kuat. Vitamin A juga membantu mengatasi penyakit kronis, baik untuk penglihatan, memperlambat proses penuaan dan membangun sistem imun yang sehat.

Naomi Watts Tak Ingin Menopause Dianggap Hal Memalukan

Selain pada buah-buahan, vitamin ini bisa Anda temukan pada labu, brokoli, bayam dan aneka sayuran hijau, susu dan telur.

Vitamin B2

Vitamin satu ini penting untuk metabolisme tubuh. Vitamin B2 menambah asupan energi tubuh dan meningkatkan sistem imun dan mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti rasa cemas, kelelahan dan stres.

Kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan sakit tenggorokan, sariawan, masalah kulit dan lain-lain. Vitamin ini bisa ditemukan pada sayuran, produk susu, telur, dan gandum utuh.

Vitamin B6

Vitamin B6 dikenal baik untuk mengatasi depresi, meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, vitamin B6 juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah, mencegah anemia dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Biasanya vitamin ini terdapat pada daging, ikan, kacang-kacangan serta biji-bijian.

Vitamin C

Tentunya wanita sangat membutuhkan vitamin ini karena dapat membantu proses penyembuhan penyakit menjadi lebih cepat, merangsang pertumbuhan jaringan sel tubuh dan mengurangi risiko kanker dan jantung. Vitamin C juga membantu proses pembentukan sel darah merah.

Vitamin D

Vitamin ini adalah vitamin lemak larut yang memudahkan penyerapan kalsium dalam upaya memperkuat tulang. Bagi wanita, vitamin ini baik untuk mengatasi gejala pra-menstruasi dan menjaga kesehatan mata.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan tulang rapuh dan osteoporosis. Vitamin D bisa Anda dapat dari ikan, telur, dan hati.

Ilustrasi wanita dengan rambut sehat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya