Redakan Alergi Hingga Migrain dengan Apel

Ilustrasi cuka
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Buah apel telah dikonsumsi sejak beribu tahun yang lalu dan diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Tapi, ternyata apel juga memiliki khasiat lain yang jarang diketahui banyak orang.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Seringkali apel hanya digunakan untuk beberapa resep menu makanan seperti apple pie maupun minuman jus. Tapi, siapa sangka, buah apel sangat berkhasiat untuk tubuh, seperti dikutip laman Prevention.

1. Meringankan alergi

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Buah apel memiliki kandungan senyawa quercetin. Senyawa tersebut yang diyakini mampu memperlambat pengeluaran dari histamin, sebuah senyawa kimia yang diproduksi saat alergi terjadi. Studi dalam jurnal Thorax juga menemukan bahwa manusia yang makan lima atau lebih buah apel dalam seminggu, dapat memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

2. Meredakan migrain

Dokter Bingung Asal Muasal Benda Asing Mirip Paku di Tubuh Stevie Agnecya, Kena Santet?

Beberapa studi menemukan bahwa aroma buah apel hijau dapat meredakan gejala migrain pada otak dan dapat memperpendek masa migrain. Jadi, jika sakit kepala menyerang, Anda bisa mencoba memotong buah apel hijau dan cium aromanya.

3. Membersihkan rambut

Buah apel yang dijadikan olahan apple cider vinegar, memiliki manfaat yang banyak. Namun, yang jarang diketahui yaitu penggunaannya untuk mengatasi rambut berminyak.

Tuangkan satu sendok makan apple cider vinegar ke dalam segelas air dan basuh pada rambut Anda saat sedang mandi. Vinegar ini mampu mengangkat residu sampo yang menempel sehingga meringankan minyak yang menimbun di rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya