Konsumsi Minuman Anggur Putih Berisiko Picu Kanker Kulit

Wine.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bagi pencinta minuman wine atau anggur mungkin Anda harus mulai berhati-hati mengonsumsinya. Karena menurut sebuah penelitian ternyata  minum anggur putih dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Kerja Luar Ruangan Sebabkan 1 dari 3 Kematian Akibat Kanker Kulit, WHO Beri Saran Ini

Dilansir dari laman News, Sebuah penelitian terbaru di Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menjelaskan bahwa mereka yang minum satu gelas anggur putih sehari bisa meningkatkan risiko melanoma sebanyak 13 persen.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan lebih dari 210 ribu responden pria kaukasia dan wanita berusia di atas 18 tahun.

Waspada, 5 Tanda Peringatan Kanker Ini Sering Disalahartikan Sebagai Ketombe

Para peneliti menyebutkan bahwa anggur putih mengandung acetaldehyde atau senyawa karsinogenik. Namun meski demikian, tidak semua jenis minuman anggur memiliki kandungan berbahaya yang sama. Minuman anggur merah misalnya, justru mengandung antioksidan yang dapat mengurangi bahan kimia penyebab kanker.

Hooman Khorasani, dari Mount Sinai Healh System, mengatakan, bahwa selain anggur merah, risiko kanker kulit juga minim terjadi pada penyuka minuman Sauvignon Blanc yang berasal dari varietas anggur berkulit hijau yang berasal dari kawasan Bordeaux, Prancis.

5 Manfaat Pakai Sunscreen Spray, Lebih Efektifkah dari Losion?
Ilustrasi memakai sunscreen

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Nah, apakah kamu tahu bahwa pengolesan ulang atau reapply sunscreen juga sama pentingnya? Yuk simak penjelasan dan bagaimana cara mengaplikasikannya di artikel berikut!

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024