4 Bahan Dapur Ini Bisa Lindungi Tubuh dari Serangan Flu

Ilustrasi bawang putih dan jahe
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Perubahan cuaca yang sulit diprediksi, cenderung membuat sistem imun tubuh menurun. Hal ini membuat serangan flu dan batuk, dengan mudah hinggap di tubuh.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Kondisi flu dan batuk, merupakan serangan virus yang sebenarnya bisa dibasmi dengan beberapa bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang ampuh usir flu dan batuk, dikutip dari Prevention.

1. Lada hitam

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Menurut Michael Balick, PHD, lada terkenal di China dengan sebutan Hu Jiao. Di mana, ia sangat populer sebagai bahan herbal yang mampu mengusir flu.

2. Kayu manis

Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

Kayu manis memiliki efek menghangatkan untuk bagian dalam tubuh, dengan sifat penyembuhan pada area usus juga. Sehingga, rasa hangat dari kayu manis dapat membuat tubuh mengeluarkan mukus atau lendir melalui hidung agar flu dan batuk bisa segera sembuh.

3. Bawang putih

Masyarakat menggunakan bawang putih untuk kesehatan dan penyembuhan, sejak 5.000 tahun lalu. Sebab, bawang putih terkenal dengan sifatnya yang antiviral, antiinflamasi, dan antijamur sehingga mampu mencegah datangnya flu.

4. Jahe

Jahe mengandung diaforetik, yang bersifat mengeluarkan keringat. Ini sangat efektif untuk menyembuhkan demam dan gejala flu. Anda bisa membubuhkan jahe di teh, yang juga berguna untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya