Tiga Bahan Alami Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

Lemon dan madu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menurunkan berat badan memang terkadang menjadi sebuah tantangan yang tak mudah. Mulai dari membatasi asupan makanan berlemak hingga berbagai diet lainnya.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Tapi, tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih mudah memangkas kelebihan berat badan? Yang Anda butuhkan hanyalah tiga bahan alami yang mungkin mudah ditemukan di dapur.

Dikutip laman Daily Mail, sejumlah ahli diet mengatakan bahwa konsumsi lemon, madu, dan kayu manis yang dicampur dalam secangkir air hanya dapat membantu Anda mendapatkan berat badan impian.

Demi Totalitas Perankan Glenn Fredly, Marthino Lio Sampai Lakukan Hal Ini

Ketiga bahan alami ini diyakini memiliki manfaat sehat yang luar biasa, khususnya dalam membantu proses pencernaan.

Kayu manis telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun dan rempah ini diketahui memiliki kandungan anti peradangan serta kaya akan antioksidan.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ada pula bukti yang menyebutkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes tipe 2. Dan dari sebuah penelitian kecil yang diterbitknan di Journal of Preventative Medicine menunjukkan, mereka yang memasukkan kayu manis dalam makanan mereka, mengalami penyusutan lemak yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak.

Sementara madu memiliki kandungan anti bakter dan dianggap sebagai pemanis alami dan lebih sehat dibandingkan gula olahan. Sedangkan lemon kaya akan vitamin bergizi yang dapat menjaga kesehatan badan.

Namun, alasan utama konsumsi minuman ini, selain karena efektif menurunkan berat badan, alasan lainnya karena minuman ini memberikan rasa manis, pedas, dan menghangatkan dibandingkan dengan minuman lainnya yang ada di pasaran.

"Air hangat dengan atau tanpa lemon tidak membuat berat badan turun," kata ahli nutrisi Alissa Rumsey dari Academy of Nutrition and Dietetics.

Tapi, Rumsey menambahkan, meminum air lemon dengan madu dapat mengurangi perut kembung dan karenanya dapat menyusutkan ukuran perut Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati. Meskipun madu dianggap sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat, tapi dalam satu sendok penuh madu terdapat jumlah kalori yang besar. Jadi, tambahkan madu sesuai yang Anda butuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya