Metode 4A Efektif Cegah Stres Selama Masa Kehamilan

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA.co.id – Wanita hamil butuh ketenangan untuk menangkal stres. Karena, momen kehamilan cenderung membuat stres terasa berkali-kali lipat.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Ternyata, cara mencegah stres tersebut bisa dilalui dengan mudah. Kuncinya yaitu dengan 4A, mencakup Avoid (hindari), Alter (ubah), Adapt (adaptasi), dan Accept (menerima).

"Pertama dengan avoid yaitu hindari sumber stres itu jika memungkinkan. Misal, dengan meninggalkan pekerjaan yang bukan kewajiban dan memilih kumpul bersama teman," ujar psikolog anak, Anna Surti Ariani, ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Kemudian yang kedua yaitu dengan mengotak-atik sumber stres agar mampu diselesaikan secara cepat. Mungkin dengan banyak membaca agar wawasan semakin luas dalam mengubah sumber stres.

"Kemudian yang ketiga yaitu Adapt atau beradaptasi dengan keadaan. Misal dengan membuat prioritas dalam hidup atau mencari keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga agar cepat beradaptasi," lanjutnya.

5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam

Setelah itu, accept atau menerima keadaan stres yang menyerang. Namun, cara menerima di sini bukan berarti pasrah tanpa melakukan apa-apa.

"Ubah sugesti diri sendiri menjadi lebih positif dalam menjalani hidup. Enjoy. Selama memastikan tubuh tetap sehat, syukuri keadaan tersebut," kata dia.

Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024