Gejala Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan Wanita

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • heartattacktreatmenttips.com

VIVA.co.id – Serangan jantung, memiliki banyak gejala dan tanda yang seharusnya tidak diabaikan. Sayangnya, gejala-gejala tersebut sangat jarang dikenali oleh kaum wanita.

Gak Habis Pikir Rayakan Lebaran Tanpa Ayah, King Nassar: Tahun Kemarin Aku Sakit, Tahun Ini Abah

Mengapa dikhususkan pada kaum wanita?

Ternyata, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar pada kaum wanita di Amerika Serikat. Penyakit jantung menjadi penyebab dari satu di antara empat kematian pada wanita di tahun 2009.

Ayah Meninggal Dunia, King Nassar Ungkap Kenangan Tak Terlupakan

Mengerikannya lagi, hampir dua hingga tiga wanita yang meninggal tiba-tiba akibat penyakit jantung koroner tanpa mengetahui tanda dan gejala di momen-momen sebelumnya. Padahal, jika mau lebih jeli, gejalanya bisa dirasakan dan dikenali.

Sebagian besar gejala dari penyakit jantung, terasa pada nyeri dada atau sakit di lengan. Para ahli mengatakan bahwa kaum perempuan juga merasakan gejala itu, namun belum mewaspadai dan sadar akan hal tersebut.

Kronologi Meninggalnya Ayah Nassar, Sempat Pasang Ring Jantung

"Gejala dari wanita biasanya tidak terlalu mendramatisir dibandingkan kaum pria," ujar kepala bagian kardiologi, George S Abela, M.D., dikutip dari laman Glamour.

Menurutnya, kondisi itu yang akhirnya membuat sebagian besar wanita mengabaikan gejala itu. Tidak hanya itu, gejala yang cenderung dialami kaum wanita, terasa di bagian dagu dan perut.

Adapun beberapa gejala yang cenderung dialami para wanita mencakup nyeri punggung, nyeri rahang hingga gigi yang copot. Selain itu, hal yang biasa terjadi pada wanita yaitu muntah atau masalah pada lambung, serta berkeringat yang tiba-tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya