Lima Cara Sederhana Ini Mampu Perbaiki Kualitas Tidur

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Setelah lelah melakukan aktivitas seharian, tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan kembali kondisinya. Salah satunya dengan tidur. Kualitas tidur yang baik dan benar akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Bercinta dengan Posisi Ini Bikin Tidur Makin Nyenyak

Selain itu, kualitas tidur yang baik juga cepat pulihkan kondisi tubuh yang lelah. Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Seperti dilansir dari laman Besthealthmag.

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Cek Kualitas Tidur Lewat Cara Pintar dan Canggih

Berkumpul bersama orang-orang terdekat adalah cara efektif untuk menghilangkan stres. Perempuan yang memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan kerabat dan memiliki hubungan yang positif dengan anak, akan memiliki kualitas tidur yang baik.

Menurut penelitian dari UCLA oleh Shelly Taylor, Ph.D, berkumpul bersama teman perempuan atau mengurus anak adalah cara perempuan untuk mengatasi stres. Bertukar kado, merayakan pesta bersama dapat meningkatkan kadar hormon oksitoksin yang baik untuk mengurangi stres dan membantu Anda untuk tidur lebih mudah di malam hari.

Tidur Kurang dari 6 Jam Picu Kematìan Dini

Menonton komedi

Sebuah penelitian dari University of Caliornia di Irvine telah melakukan uji coba terhadap 16 responden. Mereka diminta untuk menonton film lucu. Dari percobaan tersebut ditemukan bahwa hormon stres dari partisipan berkurang signifikan dan hormon anti stres meningkat hingga 87 persen.

Tidur siang

Penelitian menunjukkan bahwa tidur di antara jam 13.00 hingga 16.00 akan mengurangi hutang tidur Anda selama satu hari, meningkatkan produktivitas dan menjaga kualitas tidur di malam hari.

Anda bisa melakukan tidur siang ini selama 90 menit. Jika tidak ingin tidur, sebaiknya rebahkan badan Anda selama 20 menit di waktu yang sama setiap hari. Dengan ini tubuh Anda akan terbiasa untuk melakukan relaksasi di tengah hari. Tidur siang akan memberi tenaga bagi Anda untuk merayakan sisa hari bersama teman-teman atau keluarga.

Relaksasi sebelum tidur

Sebelum tidur adalah masa yang krusial. Menurut poling 2007 yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, sebelum tidur 60 persen perempuan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, 37 persen mengurus anak dan 36 persen mengerjakan aktivitas lain dengan keluarga, 36 persen mengakses internet dan 21 persen lain mengerjakan pekerjaan kantor. Sebaiknya habiskan waktu dengan kegiatan yang membuat Anda relaks dan pastikan kegiatan tersebut selesai setidaknya satu jam sebelum tidur.

Jaga waktu tidur

Terjaga hingga larut malam dan tertidur sepanjang hari sudah menjadi bagian dari kebiasaan banyak orang saat liburan. Namun, kebiasaan tersebut dapat mengganggu jadwal tidur biologis Anda. Setidaknya pastikan beberapa hari sebelum kembali ke rutinitas, Anda sudah kembali pada jadwal tidur Anda yang sesungguhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya