Bahaya Konsumsi Alkohol Berlebih di Malam Tahun Baru

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Bagi sebagian orang, perayaan tahun baru tidak lengkap tanpa kehadiran alkohol. Sebut saja wine, cocktail, hingga ragam sajian makanan manis yang mengandung alkohol. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam satu malam tentu saja menimbulkan dampak tertentu bagi kesehatan.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr. Tirza Gwendoline SpPD., batasan konsumsi alkohol wajib diperhatikan. Sebab, konsumsi berlebihan, meski hanya dalam satu malam, dapat berakibat buruk pada organ tubuh yakni hati dan lambung.

"Jangan anggap hanya sekali setahun, tidak menimbulkan bahaya. Minum alkohol bermakna, bisa infeksi dan menimbulkan disfungsi liver, pankreatitis, hepatitis akut atau gastritis," ujarnya ditemui di RS Evasari, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tak Punya SIM, Begini Hasil Tes Urine Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Biasanya, gejala yang timbul mencakup nyeri ulu hati yang sangat dominan, demam, dan radang di beberapa organ. Sehingga, Tirza mengingatkan untuk mengetahui batasan saat konsumsi alkohol di malam tahun baru.

"Minum alkohol yang sangat banyak sampai dia mabuk dan bahkan muntah, itu artinya tubuh sudah tidak bisa kompensasi. Kalau dilanjutkan, malah bisa jadi infeksi," katanya.

Antisipasi Konsumsi Alkohol dan Doping, Kesehatan Sopir Bakal Dicek Saat Mudik Lebaran

Dilanjutkannya, batasan kompensasi tubuh masing-masing orang memang berbeda, namun jika hal itu sudah terjadi, segera hentikan konsumsinya. Apalagi, kata dokter Tirza, konsumsi alkohol yang banyak bisa juga menimbulkan lemak jahat penyebab penyakit kronis.

"Alkohol juga bisa menimbulkan lemak di liver, apalagi kalau tahun baru konsumsinya berlebihan. Lama kelamaan bisa sebabkan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung," ucapnya.

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024