Studi: Kekurangan Vitamin D Bikin Pria Sering Sakit Kepala

Ilustrasi kesengsaraan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pria yang memiliki tingkat vitamin D rendah mengalami peningkatan risiko sering menderita sakit kepala. Kondisi tersebut terungkap dari sebuah studi yang belum lama ini dilakukan di Finlandia.

Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Studi tersebut menganalisis informasi dari sekitar 2.600 pria Finlandia berusia 42 hingga 60 tahun, yang memberikan sampel darah mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai frekuensi sakit kepala mereka.

Dilansir dari laman Huffington Post, hasil menunjukkan bahwa hampir 70 persen pria dalam studi itu memiliki tingkat vitamin D dalam darah di bawah 20 nanogram per milimeter. Kondisi yang umumnya dikategorikan sebagai kekurangan vitamin D.

7 Buah Kering Kaya Vitamin D, Cocok Buat Stok Camilan Sehat di Rumah

Tingkat vitamin D yang rendah memang menjadi masalah di Finlandia dan negara-negara Nordik lainnya. Itu karena negara-negara tersebut berada di bagian utara Bumi dan kurang terpapar sinar Matahari, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D.

Studi tadi juga menunjukkan, pria yang sering mengalami sakit kepala, setidaknya terjadi satu kali dalam sepekan, memiliki tingkat vitamin D sebesar 15,3 nanogram per mililiter. Kondisi itu berbeda dibandingkan dengan pria yang memiliki tingkat vitamin D sebesar 17,6 nanogram per mililiter yang tidak sering mengalami sakit kepala.

Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

Pria dengan tingkat vitamin D terendah (di bawah 11,6 nanogram per mililiter) berisiko dua kali lipat mengalami sakit kepala yang terjadi secara rutin, dibandingkan dengan pria yang memiliki tingkat vitamin D tertinggi (di atas 22 nanogram per mililiter).

Osteoporosis

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Tulang keropos atau osteoporosis menjadi salah satu penyakit yang kerap dijumpai di orang-orang dengan kategori usia lanjut. Ada sederet faktor penyebab tulang keropos.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024