Olahraga Khusus untuk Penderita Osteoporosis

Ilustrasi tulang dan saraf manusia
Sumber :
  • Pixabay/spiritbunny

VIVA.co.id – Penyakit Osteoporosis atau pengeroposan tulang terkadang tak disadari gejalanya. Namun bukan berarti, penderita penyakit ini berhenti melakukan aktivitas dan kegiatan olahraga.

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Menurut Dr Jezy dari MeetDoctor, penderita gangguan pada tulang seperti osteroporosis justru sangat dianjurkan untuk tetap berolahraga. Namun olahraga untuk penderita osteoporosis tentu berbeda dengan yang belum terkena osteoporosis, di mana tidak boleh dilakukan latihan aerobic, benturan keras, serta beberapa gerakan yang tidak boleh dilakukan seperti gerakan yang memberikan benturan pada tulang punggung karena dapat menimbulkan patah tulang.  

"Latihan yang membuat tulang belakang tefleksi ke depan, seperti sit-up sebaiknya dihindari, juga latihan yang memiliki risiko terjatuh," katanya pada VIVA.co.id.

Rutin Minum Susu Cegah Osteoporosis? Kata Dokter Cuma Mitos

Tak hanya itu, selain harus hati-hati dalam melakukan gerakan olahraga, penderita penyakit ini juga harus hati-hati memilih makanan.

Sebab, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari. "Sebaiknya mengkonsumsi sumber kalsium seperti makanan yang mengandung susu atau olahan dari susu seperti susu murni atau susu rendah lemak, keju atau yogurt. Jenis makanan lainnya seperti sayuran hijau, kerang, kacang-kacangan, biji almond, sereal, dan lain-lain. Hindari alkohol dan batasi konsumsi kafein."

Hari Osteoporosis Nasional 2023 Gaungkan Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia

Mengonsumi suplemen kalsium juga bisa dilakukan untuk mencegah pengeroposan tulang makin parah. "Tablet kalsium dapat dipakai sebagai pengganti apabila Anda tidak suka minum susu, makan keju atau mengkonsumsi sumber kalsium lainnya." 

Minum kopi saat sarapan

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, dari Gangguan Lambung hingga Osteoporosis

Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia dan dikonsumsi oleh jutaan orang setiap hari. Meskipun kopi memiliki beberapa manfaat tapi ada pula dampak buruknya.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2024