BPOM Siap Awasi Produksi Obat-obatan Berbasis Bioteknologi

Dengan adanya edukasi pengenalan warna obat, membuat peluang tertukarnya obat menjadi menurun.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Semakin canggihnya alat-alat produksi, membuat industri farmasi semakin maju. Namun, bukan berarti produksi obat-obatan bisa berjalan dengan bebas. Saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan memperketat pengawasan terhadap obat-obatan, terutama yang berbasis bioteknologi.

Asosiasi Industri AMDK Diminta Percayakan Penuh ke BPOM soal Label BPA

"Kami sudah menyiapkannya. Dimulai dari memegang penilaiannya dan pengawasan terhadap produksi obat berbasis bioteknologi itu," ujar Kepala BPOM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, di PT. Kalbe Farma, Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 18 Januari 2017.

Menurut Penny, bentuk penilaian yang akan dilakukan berdasarkan pedoman dan standar internasional. Regulasi yang dibentuk juga dipastikan dengan tahapan yang harus dilakukan oleh para produsen nanti.

Demi Kesehatan Anak, Arist Merdeka Sirait Minta BPOM Lakukan Ini

"Kami sudah siapkan regulasi dan pedomannya untuk melakukan inspeksi. Jadi kami akan memastikan melalui registrasi untuk produk tersebut memenuhi kualitas, dan tentunya standar yang dikembangkan WHO (World Health Organization)," ucap Penny.

Dengan adanya standar tersebut, Penny berharap kualitas obat produksi bioteknologi bisa semakin baik. Ia juga berharap nantinya obat-obatan berbasis bioteknologi produksi Indonesia nantinya bisa diekspor ke negara lain.

Vaksin Merah Putih Diprediksi Siap Juli, Akan Jadi Booster COVID-19

"Sudah ada standar tinggi dari WHO yang nantinya harus dipenuhi oleh produsen obat berbasis bioteknologi. Produknya, kami yakin bisa berkualitas serta diekspor untuk negara lain," kata Penny. (ms)

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Bareskrim Selidiki Kopi Diduga Mengandung Paracetamol dan Obat Kuat

Bareskrim akan menyelidiki temuan BPOM terkait sejumlah merek kopi mengandung paracetamol dan obat kuat

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022