Masih Amankah Konsumsi Obat Kedaluwarsa?

Ilustrasi pil.
Sumber :
  • Reuters/Srdjan Zivulovic

VIVA.co.id – Banyak obat-obat medis di rumah, yang tanpa disadari telah melewati masa tenggatnya. Namun, jika tidak sengaja tertelan tanpa memerhatikan masa tenggatnya, apakah obat tersebut masih tetap aman untuk dikonsumsi?

Kadinkes Depok Sebut Kasus Obat Kedaluwarsa Tak Berbahaya

Dipaparkan oleh dr. Manny dari Fox News. Menurutnya, masa tenggat dari obat-obatan yang diberikan pihak produsen, adalah untuk menjamin fungsi dan keamanan dari obat tersebut. Namun, siapa sangka, obat yang telah melewati masa tenggatnya, masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Sebuah studi yang berdasarkan Food and Drug Administration (FDA), menemukan bahwa 90 persen dari 100 obat-obatan, telah dites dan aman untuk digunakan lebih dari 15 tahun setelah masa tenggatnya.

Kasus Obat Kedaluwarsa, Petugas Puskesmas Hanya Disanksi Teguran

Walaupun studi tersebut sangat dipertanyakan mengenai fungsi dari obat tersebut, pentingnya mengingat lebih signifikan terkait target dari obat tersebut. Secara teknis, obat tersebut masih berpotensi digunakan namun, efektivitasnya sudah sangat dipertanyakan. Terlebih, bahaya yang mengintai yakni konsekuensinya yang bisa berdampak fatal.

Sejumlah obat seperti nitroglycerin, insulin dan antibiotik cair merupakan jenis yang tidak tahan lama, yang telah dipaparkan di studi tersebut. Peraturan tersebut tentunya harus dipatuhi karena telah melewati tes yang terjamin keamanannya. Selain itu, Anda juga bisa konsultasikan dengan apoteker atau tenaga medis lain untuk konsumsi jenis obat lainnya yang telah melewati masa tenggat. (ms)

Pasien Paru-paru Basah Dapat Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas
Polres Metro Jakarta Utara akan libatkan tim dari BPOM terkait kasus obat kedaluwarsa (Foto ilustrasi)

Kasus Obat Kedaluwarsa Ibu Hamil Masih Bergulir, Polisi: Janin Sehat

Puskesmas akan memberikan kompensasi kepada korban.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2019