Tubuh Langsing Tak Selalu Sehat, Ini Tandanya

Ilustrasi mengurangi berat badan
Sumber :
  • Pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Tubuh yang kurus memang dambaan banyak wanita. Namun, seringkali para wanita menjadi kurus, tanpa memperhatikan kesehatan tubuhnya.

Tubuh Kurus Juga Berisiko Kolesterol Tinggi, Ini Kata Dokter

Meski kebugaran dan tubuh ideal biasanya ditentukan dari Indeks Massa Tubuh (IMT), namun tubuh juga sering memberi tanda bahwa sedang dalam keadaan tidak fit. Berikut, tiga tanda tubuh kurus yang tidak sehat, dikutip dari laman Medical Daily.

1. Cedera

Tubuh Kurus Song Joong Ki Disorot Usai Hadiri Pernikahan Bareng Katy Louise

Menurut National Institutes of Health, peningkatan kebugaran tubuh ditandai dengan rendahnya risiko cedera. Sehingga, tubuh yang cenderung mudah cedera dan sakit, menjadi tanda bahwa sedang dalam kondisi tidak bugar.

2. Mobilitas buruk

Pamer Pose Punggung Terbuka saat Bulan Mandu, Mikha Tambayong Kena Body Shaming

Memiliki mobilitas baik artinya dapat bergerak sesuai kekuatan dan keseimbangan tubuhnya. Mobilitas yang baik seharusnya dimiliki di beberapa bagian tubuh seperti leher, punggung dan pinggul. Saat tubuh sedang dalam keadaan tidak fit, mobilitas ini akan menjadi buruk karena tidak berfungsi dengan baik.

3. Sulit bernapas

Pada umumnya, saat beraktivitas apapun, pernapasan akan berjalan secara wajar, baik itu membuang dan menghirup udara. Namun, tubuh yang tidak bugar cenderung sulit bernapas walau hanya melakukan aktivitas ringan saja. Untuk itu, bernapas bisa menjadi tanda tubuh sedang dalam keadaan baik, atau tidak sehat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya