Wajib Tahu, Pertolongan Pertama untuk Penderita Epilepsi

Sistem saraf.
Sumber :

VIVA.co.id – Salah satu penyakit saraf yang umum diketahui adalah epilepsi atau masyarakat biasanya menyebutnya ayan. Penyakit ini terjadi akibat adanya kerusakan otak, bisa karena cedera kepala, persalinan atau stroke.

Amanda Manopo Nyaris Meninggal karena Ayan, Kenali Gejala Kejang Epilepsi

Orang bisa dikatakan menderita epilepsi atau disebut dengan Epilepsi (ODE) jika mengalami kejang sebanyak dua kali atau lebih dengan interval lebih dari 24 jam.

Kurangnya pengetahuan masyarakat atas tata cara pertolongan pertama pada penderita epilepsi kerap membuat mereka justru menderita karena sakit yang lainnya. Seperti memegang tangan saat mereka sedang kejang, atau memasukkan sendok atau apapun itu ke dalam mulut. Hal-hal seperti ini masih sering dilakukan saat menghadapi ODE.

Amanda Manopo Nyaris Meninggal Dunia Gegara Epilepsi, Kok Bisa?

Dalam paparannya, dr Esther Kristiningrum menjelaskan enam langkah pertolongan pertama yang harus diberikan pada penderita ODE saat sedang terjadi kejang.

"Beri bantalan, jaket atau lipatan baju di bawah kepala untuk mengurangi cedera, longgarkan baju, miringkan posisi pasien, kemudian ukur dan catat lama durasi kejang. Jangan masukkan apapun ke dalam mulut, cari identitas pasien, jangan mengekang pasien, jauhkan benda berbahaya di sekitar," jelasnya di Jakarta Selatan, 25 Januari 2017.

Amanda Manopo Idap Epilepsi, Sering Tiba-tiba Kejang Bahkan Saat Tidur

Esther juga menambahkan, jika kejang terjadi lebih lama dari lima menit, sebaiknya segera menghubungi ambulans atau bawa ke Unit Gawat Darurat.

Ilutrasi penderita epilepsi

Hari Epilepsi Internasional, Kenali Gejala Hingga Penyebabnya

Hari Epilepsi Internasional diperingati untuk melawan epilepsi. Sebab, epilepsi sendiri merupakan kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024