30 Menit Berolahraga Tingkatkan Kemampuan Otak

Kelas aerobik bagi wanita obesitas
Sumber :
  • REUTERS/Juan Carlos Ulate

VIVA.co.id – Berolahraga terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, studi terbaru menemukan bahwa olahraga juga mampu meningkatkan kemampuan otak.

Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Peneliti dari University of Auckland menemukan bahwa berolahraga aerobik dalam waktu 30 menit, dapat meningkatkan aktivitas otak, kemampuan mengingat dan berpikir.

Pada studi yang dipublikasikan di Experimental Brain Research, para peneliti mengobservasi bagaimana olahraga tingkat sedang, mampu meningkatkan kemampuan otak untuk saling berkoordinasi dengan baik. Studi tersebut menganalisis sepuluh anak muda yang diminta untuk berolahraga aerobik dalam waktu 30 menit mencakup bersepeda dan aerobik.

Instruktur Tak Sengaja Rekam Kudeta Myanmar Diiringi 'Ampun Bang Jago'

Setelah 30 menit, hasilnya ditemukan bahwa korteks motorik, tempat saraf meningkatkan aktivitas otot, memiliki GABA (Gamma-Aminobutyric Acid). Di mana, peran GABA terhadap kapasitas otak yaitu untuk neuroplasticity sebagai meningkatkan fungsi motorik tubuh.

Artinya, berolahraga tingkat sedang dalam jangka intens, dapat secara langsung meningkatkan produksi GABA di otak. Para peneliti percaya bahwa GABA ini yang mampu meningkatkan koordinasi gerakan tubuh, bahkan pada pasien pasca stroke sekalipun.

Cara Lain Manfaatkan Sepeda untuk Latih Kebugaran

"Penemuan kami ini bisa menjadi implikasi meningkatkan GABA pada individu yang pernah kena stroke. Sehingga ia nantinya bisa meningkatkan fungsi motoriknya lagi," ujar peneliti, Winston D. Byblow, dikutip dari laman Medical Daily.

Selain itu, studi di tahun 2011 juga menemukan bahwa olahraga dalam waktu 30 menit, dapat menurunkan risiko kekurangan volume otak di hippocampus. Hal ini berdampak pada kesehatan kognitif yakni dengan meningkatkan kemampuan mengingat di otak.

Tebak gambar

Hanya Orang Jenius yang Bisa Menemukan Es Krim di Hamparan Piknik Ini

Anda harus menemukan es krim untuk menyelesaikan tugas. Temukan es krim yang tersembunyi di depan mata dalam gambar ilusi optik dari hamparan piknik ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2022