Waspadai Warna Putih pada Pupil Mata Anak

Menteri Kesehatan Nila Moeloek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Nila Moeloek mengingatkan untuk mewaspadai bila mata anak berwarna putih pada daerah pupil. Menurut dia, penyakit pupil mata menjadi putih atau leukokoria memang harus dideteksi sejak dini lantaran bisa menjadi awal gejala tumor ganas.

Anak Terlalu Lama di Depan Layar? Ini yang Harus Dilakukan

Dia menjelaskan, bahwa kasus serangan gejala awal katarak kongenital yang bermanifestasi sebagai leukokoria di Indonesia jika diketahui sejak dini, bisa diobati.

"Kalau ada putih (di pupil), kita operasi dan orangnya bisa melihat lagi dan bisa direhabilitasi," katanya usai Kampanye Pupil Putih di RS Cicendo, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 5 Februari 2017.

Katarak Bisa Terjadi pada Anak-anak dan Penderita Diabetes, Kenapa?

Sementara jika gejala tersebut dibiarkan, kata dia, maka akan menjadi tumor hingga kanker. Akibatnya, jika kondisi sudah parah, mata si pasien harus diangkat.

"Kalau bisa diketahui sejak dini, bisa diobati dan kita bisa pertahankan bola matanya," ujarnya menambahkan.

Dampak Demam Gadget, Toko Kacamata Khusus Anak Mulai Menjamur

Pupil putih atau seperti mata kucing merupakan tanda klinis awal penyakit mata yang kerap terjadi karena faktor usia atau penuaan dini. Insidensi terserang penyakit yang berujung tumor ganas pada mata ini berkisar 1:16.000 dan 1:18.000 kelahiran hidup. (mus)

Ali Zainal

Pandangan Mata Mulai Kabur, Ali Zainal Lakukan Ini

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Ali Zainal mengalami mata minus dan silinder, sehingga disarankan untuk menjalankan sebuah terapi.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2023