Tips Cegah Stres Tulang Belakang di Tempat Kerja

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjalani pekerjaan dengan aktivitas lebih banyak duduk menghadap layar komputer, memang terlihat santai dan tak melelahkan. Namun, siapa sangka, bekerja sambil duduk berjam-jam juga bisa berbahaya untuk kesehatan.

Waspadai 8 Penyebab Nyeri Punggung dan Bahu

Salah satu bahayanya bisa menyebabkan masalah nyeri punggung. Seperti dilansir laman Times of India, sakit punggung dan leher merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita karyawan di tempat kerja.

Data Statistik juga menunjukkan sekitar 50 persen dari karyawan yang bekerja di kantor rata-rata menderita penyakit ini setidaknya sekali dalam setahun.

Posisi Duduk yang Bisa Cegah Nyeri Punggung

Agar masalah nyeri tulang belakang dan nyeri leher ini menjauh, Dokter Spesialis Konsultan Tulang Dr Suraj Bafna, dan Spesialis Tulang Belakang Dr Garima Anandani, serta Ahli Gizi Klinis Nupur Krishnan berbagi tips untuk menangani hal ini.

Kursi yang nyaman

Tips Posisi Duduk yang Benar untuk Hindari Sakit Punggung

Kondisi kursi sangat mendukung bagaimana nantinya posisi duduk Anda saat bekerja. Dokter mengatakan bahwa menggunakan kursi yang memiliki dukungan baik untuk menopang tubuh dengan kecenderungan antara 90 sampai 110 derajat sangat baik untuk tubuh. Ini akan memastikan tekanan yang merata ke seluruh bagian tulang belakang.

Hindari duduk di sofa

Duduk di kursi berbahan kaku, atau di sofa yang terlalu lembut, dapat menyebabkan masalah punggung. Hindari juga duduk di lantai karena tak ada yang menopang punggung dengan baik.

Cegah stres pada tulang belakang

Jika Anda ingin mengambil sesuatu, Anda harus menekuk lutut Anda, usahakan barang-barang kebutuhan kerja diletakkan tak jauh dari jangkauan tangan. Dan menekuk lutut ketika mengangkat apapun membantu mengurangi stres pada tulang belakang Anda.

Jangan membawa tas berat

Anda harus menyesuaikan tali tas untuk memastikan bahwa itu tidak melorot ke pinggul. Membawa tas dengan isi yang memberatkan bisa memberikan banyak tekanan pada bahu dan punggung.

Membawa ransel pun bukanlah solusi yang baik. Karena tas ransel dengan beban yang berat juga akan menyebabkan masalah punggung.

Beristirahat sejenak dan latihan otot

Penyebab sakit punggung dan leher otot tulang belakang karena kurangnya gerakan. Ada baiknya Anda meluangkan waktu melakukan beberapa latihan peregangan sambil duduk di meja. Ambil waktu istirahat dari pekerjaan yang terus-menerus untuk melatih otot-otot tulang belakang Anda. Jangan melakukan aktivitas terlalu berat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya