Peneliti Temukan Cara Cegah Kerontokan Rambut Usai Kemo

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kemoterapi pada pasien kanker memiliki dampak lain pada tubuh, misalnya penurunan berat badan secara drastis hingga kerontokan rambut.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Hingga saat ini belum ada cara untuk cegah kerontokan rambut usai kemoterapi. Namun, sebuah sekelompok peneliti baru-baru ini menemukan cara yang diklaim mampu mencegah kerontokan rambut secara efektif.

Studi yang dirilis dalam jurnal kesehatan JAMA, menjelaskan bahwa sebuah alat pendingin kepala yang dibuat khusus bagi pasien kanker mampu mengurangi kerontokan rambut pascakemoterapi.

Ungkap Idap Kanker, Kate Middleton: Suami dan Anak-Anak Adalah Sumber Kekuatan Saya

Penelitian tersebut melibatkan 182 wanita penderita kanker payudara yang akan melakukan kemoterapi. Sebanyak 119 orang mendapatkan pendingin kepala, sedangkan 63 lainnya tidak dìberikan.

Selain itu, alat pendingin kepala tersebut juga diberikan untuk mengetahui seberapa efisien terhadap aktivitas kemoterapi.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

Dilansir dari laman Medical Daily, cara kerja alat pendingin kepala ini membuat suhu kepala menurun, sehingga menurunkan aliran darah ke folikel rambut pada waktu sebelum, saat dilakukan, dan setelah kemoterapi.

Hasilnya, lebih dari setengahnya yang menggunakan pendingin kepala, dapat menjaga keutuhan rambutnya dibandingkan kelompok yang tidak menggunakannya. Meski demikian, peneliti masih akan mendalami kondisi tersebut untuk benar-benar memahami keefektifannya.

"Penemuan ini bisa menjadi langkah positif ke depannya, dalam menemukan pencegahan kerontokan. Hal ini mampu meningkatkan kualitas individu pengidap kanker," ujar salah satu peneliti, dr. Dawn Hershman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya