Nonton TV Terlalu Dekat Bisa Rusak Mata, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi menonton tv
Sumber :
  • Pixabay/Pavlofox

VIVA.co.id – Anda pasti sering mendengar peringatan dari orangtua yang melarang duduk terlalu dekat ketika menonton televisi atau sering mengingatkan buah hati agar jangan duduk terlalu dekat dengan layar televisi.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Tapi, tahukah Anda bahwa tidak ada kebenaran bahwa menonton televisi dengan jarak terlalu dekat bisa merusak mata. Anda mungkin saja mengalami sakit kepala, tapi hal itu sama sekali tidak berpengaruh buruk pada indera penglihatan Anda.

Lantas, darimana kepercayaan ini muncul?

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Dilansir dari The Sun, mitos ini sebenarnya ada ketika masa akhir tahun 1960-an, ketika untuk jangka waktu sebentar duduk terlalu dekat dengan televisi benar-benar bisa memberikan efek buruk pada Anda. Yaitu, jika Anda memiliki seperangkat televisi General Electric.

Di tahun 1967, perusahaan tersebut mengakui bahwa banyak dari produk televisi berwarna mereka memaparkan radiasi berlebih, dikarenakan kesalahan pabrik.

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Pada masa itu, dinas kesehatan memperkirakan jumlah sinar X yang dipantulkan dari televisi itu adalah sekitar 10-100.000 kali lebih dari angka yang diperbolehkan.

Akibatnya, mereka merekomendasikan agar membuat anak-anak duduk di jarak aman dari televisi.

Mereka menekankan bahwa selama Anda menjaga jarak beberapa meter dari televisi, dan tidak menontonnya lebih dari satu jam dalam jarak dekat, kemungkinan besar Anda akan baik-baik saja.

Pada akhirnya, General Electric menarik produk televisi bermasalah mereka dan memperbaiki kesalahan dengan menambahkan kaca pelindung di sekitar tabung. Ini membuat Anda lebih aman dari dari layar televisi, meskipun stigma ini masih terus ada hingga sekarang.

Meski duduk dekat dengan layar televisi tidak membuat seseorang menjadi rabun, namun alasan kenapa mereka perlu duduk dengan jarak dekat adalah mungkin karena mereka sudah menderita rabun tapi tidak terdeteksi.

Jika Anda atau buah hati Anda memiliki kebiasaan duduk dekat dengan layar televisi karena merasa lebih nyaman, sebaiknya Anda segera memeriksakan mata.

Menonton televisi terlalu lama juga bisa menyebabkan mata tegang dan lelah, jadi pastikan Anda mematikannya lebih awal agar tidur lebih nyenyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya