Langkah Tepat Membersihkan Telinga

Telinga.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Seringkali kita terlalu bersemangat dalam menjaga higienitas tubuh. Misalnya, dalam membersihkan telinga menggunakan cotton buds dengan mendorongnya sangat dalam.

Telinga Berdenging? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mungkin Anda berpikir itu cara yang benar, tapi ternyata anggapan Anda salah. Karena, sejumlah penelitian menunjukkan bagaimana berbahayanya kebiasaan itu.

Alasannya, kotoran telinga justru berfungsi untuk melindungi saluran telinga dan menjaganya tetap lembap.
Kotoran ini terbentuk dari serumen dan memiliki kandungan antimikroba yang berfungsi melawan infeksi.

Bukan Pakai Cotton Bud, Begini Cara Ideal Bersihkan Telinga

Tapi, mengorek kotoran telinga masih merupakan masalah yang lebih kecil. Masalah terbesar dalam membersihkan telinga adalah cara yang kita pakai.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kotoran telinga menumpuk terlalu dalam di saluran telinga ketika menggunakan cotton buds, sehingga diperlukan bantuan profesional untuk memulihkannya. Yang lebih buruk, kebiasaan ini juga bisa merobek gendang telinga.

Telinga Berdenging Pertanda Digosipkan atau Gejala Penyakit?

Lalu, bagaimana cara yang tepat membersihkan telinga? Berikut langkahnya seperti dilansir dari Times of India.

Pertama, ambil handuk lembut dan basahi dengan air. Gunakan untuk membersihkan bagian luar saluran telinga Anda, area yang bisa Anda lihat dari luar.

Kemudian, ambil baby oil atau minyak mineral. Selain itu, Anda juga bisa membuat cairan sendiri dari bahan seperti cairan saline yang dicampur dengan satu sendok teh dan setengah cangkir air hangat atau Anda juga bisa menggunakan hidrogen peroksida dengan kandungan 3 persen atau kurang dan dicampur dengan air.

Gunakan kapas dan celupkan ke dalam cairan tersebut, atau Anda bisa menggunakan alat tetes jika menggunakan baby oil atau minyak mineral. Miringkan kepala, sehingga telinga yang akan dibersihkan menghadap ke langit. Pegang kapas atau alat tetes di atasnya, teteskan tiga sampai empat tetes ke saluran telinga.

Lalu, tekan tulang rawan segitiga di permukaan luar saluran telinga Anda. Pijat dengan lembut dalam gerakan memutar. Pijatan ini akan membantu sirkulasi cairan dengan lebih baik.

Terakhir, miringkan kepala Anda ke arah lain dan biarkan cairan itu keluar. Cara ini bisa Anda ulangi pada telinga lainnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya