Konsumsi Telur Mentah, Amankah?

Ilustrasi telur mentah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Cara penyajiannya sangat beragam, bahkan beberapa jenis makanan menggunakan bahan baku telur yang dikonsumsi setengah matang bahkan mentah. Namun, berbahayakah telur yang dikonsumsi mentah?

BPOM Tarik Produk Cokelat Kinder, Ada Rumah Bak Istana di Pelosok Desa

Sebagian orang percaya, telur yang di konsumsi mentah, kaya akan protein dan enzim alami yang bisa didapatkan langsung. Sebab, telur mentah, memiliki kandungan nutrisi yang masih asli.

Dilansir laman Medicaldaily, manfaat konsumsi telur mentah juga diungkapkan oleh Departement of Agriculture, telur mentah memiliki banyak manfaat karena mengandung 36 persen vitamin D, 33 persen omega-3, 33 persen DHA, 23 persen choline, 20 persen biotin, dan 19 persen zink.

Gemar Makan Telur Mentah, Dokter: Bahaya Bagi Tubuh

Namun, bukan berarti telur mentah ini tidak mengandung bahan berbahaya. Dari data USDA, 2,3 juta telur telah terkontaminasi bakteri salmonela setiap tahunnya. Bahkan, telur matang juga bisa terkontaminasi salmonela jika tidak didinginkan dengan baik.

Pada wanita hamil, konsumsi telur mentah, berbahaya bagi pertumbuhan janin. Sehingga, penting untuk memberikan pasteurisasi pada telur mentah. Selain itu, pemanasan pada telur mentah dengan suhu 160 derajat fahrenheit, mampu membunuh bakteri salmonella. (ren)

Seberapa Amankah Mengonsumsi Telur Mentah?
Ilustrasi roti lapis isi daging.

Sandwich Kemasan Diduga Mengandung Bakteri, Puluhan Orang Keracunan 1 Meninggal

Sandwich atau roti lapis kemasan siap saji selalu menjadi pilihan mudah dan praktis untuk mengatasi lapar. Namun, roti lapis tersebut justru memicu keracunan di Inggris.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2022