Wanita Lebih Panjang Umur dari Pria, Ini Alasannya

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Wanita umumnya memiliki perkiraan usia harapan hidup hingga 71 tahun, sementara pria hingga usia 67 tahun. Dijelaskan oleh dr. Arieska Ann Soenarto, SpJP, FIHA, pernah diteliti, mengenai jantung dan ditemukan bahwa sel perempuan lebih dapat bertahan lama dibandingkan laki-laki.

10 Negara dengan Umur Pendek Terbanyak! Indonesia Masuk? Cek Posisinya di Sini!

Perbedaan usia harapan hidup perempuan dan laki-laki bisa dikatakan cukup kompleks. Dr. dr. Yuda Taruna, Sp.S menambahkan, bila dibandingkan secara gender, aktivitas yang berisiko kematian banyak dilakukan oleh laki-laki.

"Selain itu, kebiasaan yang berisiko kematian juga banyak dilakukan laki-laki seperti merokok dan konsumsi alkohol," kata dr. Yuda kepada VIVA.co.id.

Bisa Dicontek, Ini Rahasia Ampuh Orang Jepang Bisa Berumur Panjang

Sementara secara hormonal, pada wanita ada estrogen yang bersifat protektif. Sedangkan testosteron pada laki-laki lebih berisiko menyebabkan kematian dini.

Buruknya, estrogen pada wanita seiring pertambahan usia bisa menurun. Sedangkan pria, ketika usia bertambah tua, kemungkinan kebiasaan buruk di masa muda bisa hilang.

Rahasia Umur Panjang Hingga 100 Tahun Lebih, Kata Ahli Gizi: Kelola Stres dengan Baik

Karena itulah, penyakit degeneratif lebih rentan terjadi pada perempuan. Seperti stroke, yang banyak menyerang laki-laki. Namun, dari tingkat keganasan justru banyak mengancam perempuan.

Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Rafathar.

Omongan Rafathar Ini Bikin Raffi Ahmad Takut Gak Punya Umur Panjang

Diungkap Raffi Ahmad, ada momen saat kegiatan Tokyo Marathon tersebut yang membuatnya terkejut saat anak sulungnya Rafathar Malik Ahmad mengungkap keinginannya. 

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024