Menguak Bahaya Mengerikan Pembungkus Daging Ayam

Daging ayam mentah.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA.co.id – Baru-baru ini, warga Inggris diperingatkan untuk lebih berhati-hati saat bersentuhan dengan kemasan daging ayam mentah di supermarket.

Makanan Pemicu Diare Ini Jarang Diketahui

Kita semua tahu bahwa memasak ayam secara menyeluruh penting untuk membunuh bakteri berbahaya yang bersembunyi di dalamnya dan membersihkan kembali seluruh permukaan yang bersentuhan dengan ayam mentah harus dilakukan untuk mencegah kontaminasi silang. Namun bagaimana dengan kemasan pembungkus ayam itu sendiri?

Dilansir laman Daily Meal, sebuah investigasi yang dilakukan oleh Telegraph menunjukkan bahwa kemasan pembungkus ayam mentah memiliki lebih dari 1 persen bakteri bernama Campylobacter.

Cara Tepat Basmi Bakteri pada Makanan Mentah

Bakteri ini merupakan penyebab utama keracunan makanan di dunia. Ini artinya memegang kemasan saja sudah membuat Anda terancam bahaya bakteri.

"Sangat kuat dugaan bahwa banyak kasus keracunan makanan berasal dari kontaminasi silang yang melibatkan bakteri pada makanan dan bakteri yang menempel pada tangan hingga mulut," ujar Dr Lisa Ackerley, ahli kebersihan pangan, dilansir laman The Telegraph.

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

"Penyebaran ini bisa lebih luas dari yang kita sadari. Misalnya orang cenderung lapar ketika berada di supermarket dan membeli camilan untuk dinikmati saat perjalanan pulang. Namun, jika mereka menyentuh kemasan ayam yang mengandung bakteri dan menjilat tangan mereka, mereka dapat terserang penyakit akibat bakteri."

Pendapat Ackerley memang diperdebatkan. Namun, intinya selalu bersihkan tangan terlebih dahulu setelah memegang barang di supermarket. Bersihkan permukaan benda yang bersentuhan dengan kemasan ayam atau daging mentah dengan benar untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Makanan rendang ayam khas Indonesia

Biarkan Makanan di Suhu Ruang Lebih dari 2 Jam Picu Tumbuhnya Bakteri

Bakteri makanan bisa sebabkan keracunan.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2018