Kenali Gejala Khas Kanker Usus Besar

Ilustrasi sistem pencernaan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –Gangguan buang air besar (bab), tentu akan menghambat berbagai akivitas. Namun, pola gangguan tersebut, cenderung diabaikan. Padahal, itu bisa menjadi salah satu gejala kanker usus besar.

8 Alasan Mengapa Kucing Tidak Nafsu Makan, Bisa jadi Sakit atau Stres

Kanker usus besar adalah kanker yang tumbuh di kolon atau rektum, dan merupakan kanker paling umum ditemukan pada pria mau pun wanita. Sebenarnya, kanker jenis ini dapat dicegah.

Sebab, beberapa gejala kanker usus besar, nampak begitu jelas dan nyata. Hanya saja, sebagian besar orang, mengabaikan hal tersebut.

Dokter Larang Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Ini Dampak Buruknya

Dikutip dari rilis yang diterima VIVA.co.id senin malam 6 Maret 2017, mengenai Hari Kanker Usus Besar dari PT. Roche Indonesia, gangguan pola BAB menjadi salah satu yang paling khas. Perubahan pola BAB seperti diare atau sembelit, tanpa sebab yang jelas dan dalam jangka lama, patut diwaspadai.

Selain itu, timbul rasa nyeri di perut serta perut yang terasa penuh, meski sudah BAB. Nah, yang juga harus dikhawatirkan yaitu saat timbul darah pada tinja saat BAB. Karena ini menunjukkan, saluran usus sudah terganggu.

Zodiak Ambivert hingga Minuman Penyebab Kanker Usus

Tidak hanya itu, biasanya kanker jenis ini juga disertai rada melemah dan kelelahan tanpa sebab yang pasti. Bahkan, tidak jarang, penurunan berat badan terjadi, tanpa adanya sebab yang pasti. (mus)

Ilustrasi anak konsumsi minuman manis.

5 Minuman yang Harus Dihindari Saat Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Saat menghadapi masalah pencernaan, penting untuk memperhatikan minuman yang diminum.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2023