Produk Air Sehat Belum Terbukti Manfaatnya

Dokter sarankan tubuh mendapat asupan air yang cukup, yaitu delapan gelas per hari.
Sumber :
  • Pixabay/Tasya

VIVA.co.id – Kesadaran masyarakat akan hidup sehat menjadi peluang besar bagi banyak produsen memproduksi produk sehat, salah satunya adalah minuman yang diklaim memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh.

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Tapi, menurut Ketua Indonesian Hydration Working Group Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), minuman yang sehat dan memberikan manfaat sehat hanya air minum bersih yang tidak berbau, berwarna, dan memiliki pH normal.

"PH air netral adalah sekitar 7,4. Kalau dikatakan mengandung alkali, mineralisasi, atau oksigenasi, secara ilmiah bukti manfaat kesehatannya belum ada," kata dr. Budi kepada VIVA.co.id.

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

Karena itu, dr. Budi pun mengimbau agar lebih iklan layanan masyarakat yang dapat memberi informasi pada masyarakat mengenai jenis air yang baik berdasarkan bukti penelitian.

Minum air yang sehat, tambah dr. Budi, adalah air putih. Teh, kopi, dan yang berasa manis tidak termasuk di dalamnya. Meski begitu, bagi yang tidak suka dengan air putih biasa masih bisa mengantisipasinya dengan menggunakan infused water.

Geger Batu Ginjal Sebesar Jahe, Diduga Jarang Minum Air Putih

Menurut dr. Budi, infused water meski tidak memiliki pH yang tinggi, bisa memberikan manfaat antioksidan. Menjaga asupan air setiap hari adalah hal yang penting, karena sebelum pemenuhan gizi, minum menjadi aktivitas paling dasar untuk menjaga kesehatan.

Ilustrasi air putih.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Minum air putih salah satu cara yang baik untuk mendapatkan cairan karena tidak mengandung kalori, khasiatnya tak main-main. Tapi sayang, manfaatnya sering diabaikan

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024