Bahaya 'Ngulet' saat Bangun Tidur

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, saat bangun tidur mengangkat dua tangan ke atas, sambil meliukkan badan. Gerakan itu biasa dikenal dengan istilah ngulet.

Bangun Tidur Jangan Ngeluh, Senyum Yuk Agar Mood Happy!

Ini, merupakan bagian dari meregangkan tubuh. Saat ngulet dilakukan biasanya timbul rasa nyaman dan tenteram. Begitu juga ketika melakukan peregangan setelah selesai melakukan olahraga. Peregangan setelah selesai olahraga, juga bisa memberikan rasa nyaman, tubuh juga bisa mendapatkan manfaat lain dari peregangan tersebut.

"Manfaatnya itu mampu mengurangi ketegangan tubuh. Peregangan juga membantu tubuh menghindari kram serta membantu memberikan rasa lebih nyaman," ujar spesialis kedokteran olahraga, dr. Ade Tobing, SpKO, kepada VIVA.co.id

9 Tips Bangun Pagi untuk Kamu yang Selalu Kesiangan

Ditambahkannya, peregangan juga dapat membantu tubuh memiliki koordinasi berbagai gerakan dengan lebih bebas. Namun, perlu diketahui, peregangan ternyata tidak boleh dilakukan saat baru bangun tidur di pagi hari. Atau dengan kata lain, ngulet sebenarnya akan sangat berbahaya jika dilakukan setelah bangun tidur.

"Ngulet itu salah satu bagian meregangkan tubuh. Sebaiknya jangan langsung melakukannya saat baru saja bangun tidur, jadi jangan langsung ngulet," ujar dokter Ade.

Bangun Tidur Merasa Lelah, Cobain Gerakan Ini Yuk

Saat meregangkan tubuh di pagi hari, dianjurkan untuk melakukan gerakan lain terlebih dahulu, sebagai pemanasan. Sebab, peregangan yang dilakukan langsung usai bangun tidur, bisa memicu putusnya saraf.

"Pemanasan dahulu seperti jalan kaki beberapa langkah usai bangun tidur, baru setelah itu lakukan peregangan. Takutnya kalau langsung ngulet, bisa overstrecting dan putus satu saraf."

Ilustrasi bangun tidur, ngulet

Ngulet yang Benar Bikin Tubuh Lebih Produktif, Begini Caranya!

jika melakukan ngulet yang salah di pagi hari justru bisa menyebabkan cedera tubuh. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ngulet bermanfaat

img_title
VIVA.co.id
3 November 2023