Cara Ketahui Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anda

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA.co.id – Mengolah tubuh dan bergerak menjadi salah satu kebutuhan agar selalu bugar dan menjaga sistem metabolisme tubuh.

Olahraga Tak Konsisten, Dokter Sebut Tubuh Rentan Kena Penyakit

Meski demikian, ternyata tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan. Hal ini terjadi karena bentuk tubuh masing-masing orang berbeda, sehingga ada beberapa jenis olahraga yang memang cocok dan tidak cocok dilakukan.

"Olahraga yang baik yaitu disesuaikan dengan anatomi tubuh manusianya. Pada tubuh gemuk, sebaiknya jangan treadmill, cukup jalan kaki saja," ujar spesialis ortopedi, dr. Muki Partono, SpOT, kepada VIVA.co.id di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Amankah Berolahraga saat Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Olahraga berjalan kaki itu, sebaiknya diimbangi dengan diet ketat. Kemudian, bagi yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya melakukan olahraga secara rutin dan konsisten.

"Atau cukup lakukan pekerjaan rumah, tapi rutin. Seperti menyapu dan mengepel, yang dilakukan setiap hari, hasilnya pada tubuh akan lebih baik dibanding olahraga tapi tidak rutin," imbuhnya.

10 Gerakan Olahraga yang Dilakukan di Rumah

Dituturkannya, pada mereka yang tidak gemuk tapi memiliki telapak kaki datar, tidak disarankan untuk berolahraga lari. Sebab, hal itu malah akan menyulitkan tubuh dalam berolahraga.

"Yang kakinya ceper dan datar, jangan lari. Cukup lakukan olahraga renang aja, agar lebih aman. Dan kalau yang kakinya tidak datar, silakan olahraga lari tapi gunakan sepatu khusus lari agar melindungi kaki," kata dia.

ilustrasi anak/pertumbuhan anak/tinggi anak/kakak adik.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Masih Bisa? Ini Tipsnya!

Meninggikan badan adalah keinginan banyak orang, terutama bagi mereka yang merasa kurang percaya diri dengan tinggi badan mereka. Meskipun faktor genetik memainkan peran

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023