Laki-laki Lebih Berisiko Terserang Batu Ginjal

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • kidney.org

VIVA.co.id – Batu ginjal adalah penyakit saluran kemih yang sering terjadi dengan prevalensi mendekati 20 persen dan terjadi pada usia produktif (20-50 tahun). Tidak hanya itu, menurut dr Marto Sugiono, SpU, dokter spesialis urologi Siloam Hospital Kebon Jeruk (SKHJ) risiko laki-laki terkena penyakit batu ginjal lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Bersihkan Ginjal dengan Hanya Konsumsi Minuman Alami Ini, Dijamin Racun Keluar Seketika

"Jadi umumnya itu terjadi pada usia produktif dan lebih banyak terjadi  pada pria," ungkap Marto saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 14 Maret 2017.

Menurut Marto, hal ini terjadi karena perbedaan jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh laki-laki. Laki-laki, kata Marto, cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan dengan diet tinggi protein. Hal ini yang kemudian meninggalkan zat sisa lebih dalam ginjal.

3 Keunggulan Menggunakan Metode RIRS untuk Pengobatan Batu Ginjal

"Laki-laki itu banyak makan daging.  Tapi di indonesia sebetulnya  tidak begitu jauh perbandingannya dengan perempuan. Karena makanan di sini tidak jauh berbeda antara laki-laki dan perempuan," ungkap dia.

Sebelumnya, Marto juga menjelaskan, bahwa ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring dan membuang zat sisa dalam darah dalam bentuk urine. Zat sisa berlebih seperti diantaranya, kalsium, asam urat dan protein dalam urine dapat menjadi endapan kristal yang menumpuk dan mengeras sehingga membentuk batu ginjal.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

"Perlu di waspadai apabila batu ginjal dibiarkan membesar dan menyumbat aliran urine akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal yang bersifat permanen. Kondisi terparahnya tentu saja bisa menyebabkan kematian," ungkap dia. (ren)

Ilustrasi urine.

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Buang air kecil adalah proses alami yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, seringkali kita menunda untuk buang air kecil karena berbagai alasan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024