Lima Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Jam Delapan Pagi

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Hidup ini penuh dengan kesibukan. Bisa membuat Anda merasa tidak mungkin untuk melakukan hal yang diinginkan. Apalagi ketika Anda bekerja seharian dan juga mempunyai anak, hal itu akan terasa lebih berat.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Jika Anda tidak menyisihkan waktu setiap hari untuk mendapatkan kemajuan, Anda tidak akan menyadari waktu akan terasa cepat berlalu dan tidak sadar sudah tua dan lelah.

Sebagai seorang profesor, Harold Hill mengatakan, "Anda memupuk banyak hal, dan akan menemukan diri Anda tidak ada yang terisisa kecuali kekosongan." 

11 Tips Hidup Sehat Supaya Terhindar dari Penyakit Menurut WHO

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mengubah diri Anda menjadi lebih baik. Berikut lima hal yang perlu dilakukan sebelum jam 8 pagi, seperti dilansir laman Huffington Post.

Tidur 7 jam lebih

Tips Hidup Sehat untuk Generasi Millenial yang Sibuk Lembur

National Sleep Foundation melakukan survei dan mengungkapkan bahwa sedikitnya 40 juta warga Amerika memderita lebih dari 70 gangguan tidur yang berbeda. 

Tidak hanya itu, 60 persen orang dewasa, dan 69 persen anak-anak, mengalami satu atau bahkan lebih dari gangguan tidur beberapa malam atau lebih dalam seminggu.

Selain itu, lebih dari 40 persen orang dewasa mengalami kantuk di siang hari cukup berat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dalam beberapa hari setiap bulan, di mana 20 persen melaporkan masalah kantuk beberapa hari, seminggu atau lebih. 

Berdoa dan meditasi

Setelah bangun dari sesi tidur yang sehat dan tenang, doa dan meditasi sangat penting untuk orientasi diri ke arah yang positif. Doa dan meditasi dapat memfasilitasi rasa syukur untuk semua yang Anda miliki. 

Ketika Anda menyukuri apa yang dimiliki, Anda akan menarik lebih banyak hal positif dan baik. Syukur mungkin hal yang paling penting sebagai kunci keberhasilan. 

Mengonsumsi 30 gram protein

Donald Layman, profesor emiritus dan nutrisi di University Illinois, merekomendasikan mengonsumsi setidaknya 30 gram protein untuk sarapan. Tim Ferris, dalam bukunya, The 4-Hour Body, juga merekomendasikan 30 gram protein, 30 menit setelah bangun.

Menurut Tim, ayahnya melakukan hal ini dan bisa menurunkan berat badan 8,6 kilogram dalam sebulan. Makanan kaya protein membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan lainnya, karena protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari perut. 

Selain itu, protein juga daoat membuat tingkat gula darah stabil, yang mencegah rasa lapar yang tinggi. Makan protein dapat menurunkan minat mengonsumsi karbohidrat putih. 

Anda bisa makan dua tau tiga telur utuh (setiap telur memiliki sekitar 6 gram protein). Jika Anda tidak menyukai telur, bisa menggantinya dengan daging kalkun, sosis, atau keju.

Bagi orang yang menghindari susu, daging, dan telur, ada beberapa protein nabati yang bisa dimakan. Kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian semua kaya akan protein.

Mandi air dingin

Tonny Robbins setiap pagi berenang di air dengan suhu 13,8 celsius. Alasan ia melakukannya adalah merendam air dingin secara radikal dapat memfasilitasi kesehatan fisik dan mental. Ketika dilakukan secara teratur, dapat memberikan perubahan tahan lama untuk meningkatkan kekebalan, limfatik, sistem peredaran darah dan pencernaan yang meningkatkan kualitas hidup Anda.

Sebuah studi penelitian tahun 2007 menemukan bahwa mandi dengan air dingin secara rutin dapat membantu mengobati gejala depresi lebih baik dibandingkan obat resep. Hal ini karena air dingin memicu gelombang saraf zat kimia yang meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa senang.

Lihat visi hidup

Tujuan hidup jangka pendek dan jangka panjang Anda harus ditulis. Setelah menulisnya bacalah beberapa menit agar bisa menempatkan diri dalam perspektif tujuan hidup tersebut.

Jika Anda membaca tujuan hidup jangka panjang, Anda akan berpikir tentang hal tersebut setiap hari. Jika Anda berpikir tentang hal tersebut tiap hari, Anda akan menghabiskan waktu untuk hal tersebut, dan kemungkinan akan terwujud. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya