Studi: Melihat Pemandangan Alam Bisa Turunkan Stres

Pemandangan alam Chechya
Sumber :
  • Facebook/Devi Adventure

VIVA.co.id – Meningkatkan rasa tenang dan bahagia, bisa didapatkan dengan menghabiskan waktu dekat bersama alam. Bahkan, menurut sebuah studi, melihat gambar pemandangan alam yang menyejukkan, dapat memberi rasa kebahagiaan yang sama.

Cara Sederhana Tingkatkan Energi Positif dalam Rumah

Dilansir dari laman Medical Daily, psikolog Dacher Keltner, yang juga bagian dari studi, melihat pemandangan alam dan hawa positif melalui gambar di video, dapat memberi rasa damai dan bahagia.

Studi tersebut mengobservasi lebih dari 7.500 orang di seluruh dunia, dengan melihat gambaran secara online. Gambar yang ditampilkan merupakan dokumenter pemandangan alam dari "Planet Earth II", sebuah drama dokumenter populer.

Lima Gambar yang Efektif Tenangkan Pikiran

Sebelum melihat video tersebut, partisipan mengisi survei pendek mengenai suasana hatinya yang terkini. Saat menonton dokumentasi tersebut, suasana hati para partisipan akan dinilai melalui ekspresi wajahnya. Kemudian, mereka melakukan tes dan quesioner untuk menilai secara keseluruhan.

Hasilnya, video dokumenter alam dapat meningkatkan emosi positif dan menurunkan pandangan negatif, dibandingkan menonton berita. Pemandangan alam liar memberikan perasaan bahagia, senang, gembira, penasaran, dan sebagainya. Selain itu, rasa cemas, stres dan lelah juga berkurang.

Memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia: Menghargai Kreativitas dan Inovasi

Namun, jika perasaan stres masih melanda, Anda bisa menyisihkan waktu untuk menikmati alam liar sebentar. Karena, sudah banyak penelitian yang mengaitkan antara ragam manfaat kesehatan seperti meningkatkan daya ingat, menurunkan stres, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan meluangkan waktu untuk menikmati alam sejenak.

Raja Ampat

Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia

Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia mengalahkan Selandia Baru dan Kolombia. Keindahan alam Indonesia diberi skor 7,77 /10

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2022