Ibu Hamil Rentan Alami Anemia, Apa Penyebabnya?

Ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ibu hamil merupakan kelompok paling rentan mengalami anemia. Dan ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil rentan menderita anemia.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Wanita hamil mengalami kekurangan sel darah merah di tubuh karena harus berbagi dengan janin di tubuhnya. Sehingga, wanita hamil diharuskan untuk menjaga asupannya, baik untuk janin dan untuk tubuhnya sendiri.

"Ibu hamil kebutuhannya banyak. Harus berikan supply ke anak sehingga kebutuhannya meningkat tapi biasanya disertai banyak dari ibu hamil yang tidak melakukan peningkatan asupan ini," ujar Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Prof. Dr. Endang L. Achad, dalam acara Indonesia Bebas Anemia, di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Rabu, 29 Maret 2017.

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

Maka, rekomendasi asupan suplemen tambahan pada wanita hamil, menjadi program wajib dari pemerintah. Sebab, asupan makanan yang dikonsumsi, seringkali tidak mencakup kebutuhan tubuh.

"Asupan makan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kebutuhan darah di tubuh. Tablet penambah darah harus dikonsumsi ibu hamil tiap harinya agar memenuhi kebutuhannya, makanya ini jadi program wajib pemerintah," jelasnya.

Bukan Cuma Gangguan Kesehatan, Ibu Hamil Perlu Hati-hati dari Gangguan Gaib Seperti Kuyang

Disebutkan oleh Endang, dua suplemen tambahan yang dibutuhkan dalam mencegah anemia yaitu asam folat dan besi. Tidak hanya saat hamil, namun, suplemen tersebut dibutuhkan juga pada saat proses persalinan terjadi.

"Saat persalinan akan terjadi pengeluaran darah minimal 200 cc. Sehingga proses persalinan ini serta asupan tambahan untuk janin, keduanya ini yang menyebabkan meningkatnya pengeluaran darah dan sebabkan anemia," kata dia.

Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024