Redakan Masalah Gigi Sensitif dengan Serum

Gigi putih.
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Menurut sebuah survei diketahui bahwa 1 dari 3 orang mengalami masalah gigi sensitif. Data dari Clinical Oral Investigations juga menyebutkan, sekitar 25-30 persen dari populasi orang dewasa mengalami hipersensitivitas dental atau lebih dikenal dengan gigi sensitif.

Sudah Rajin Dibersihkan, Bau Mulut Tanda Ada Penyakit?

Kondisi gigi sensitif umumnya dialami oleh orang dengan rentang usia 20-50 tahun. Tapi juga sering ditemui pada penderita usia 30-40 tahun. Salah satu penyebab gigi sensitif adalah pola hidup yang padat aktivitas dan sejumlah kebiasaan yang membentuk pola diet serta cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang menyebabkan gigi sensitif.

Dokter gigi spesialis konsultan konservasi gigi, drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes, Sp.KG (K) menyarankan, gigi sensitif dapat diantisipasi dengan memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Selain itu juga mengurangi kebiasaan konsumsi makanan atau minuman asam.

7 Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Berpuasa

"Untuk solusi lebih efektif, dapat mengkombinasi dengan penggunaan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dengan kandungan yang lebih efektif," kata Diatri saat temu media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa 4 April 2017.

Selain pasta gigi, kini juga ada serum yang diklaim efektif mengurangi gigi sensitif. Serum ini dikatakan mengandung hydroxyapetite (HAP) yang sama persis dengan molekul utama pembentuk gigi, potassium sitrat, zinc sulfate, dan fluoride.

Mulut Bau? Jangan Dicuekin karena Bisa jadi Ada Sinyal Penyakit

drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institution Unilever Foundation mengatakan, kalau serum dengan konsentrasi yang instens ini bisa meredakan rasa ngilu, membantu memperbaiki email gigi yang terkikis dan area gigi sensitif, membentuk lapisan perlindungan gigi sensitif, mengurangi masalah gusi, dan menjaga kesehatan gusi.

"Serum ini merupakan serum leave on yang akan membentuk lapisan pelindung pada dentin yang terbuka dan mengurangi aliran cairan dalam tubuli dentin sehingga mengurangi rasa ngilu," ujarnya menjelaskan. (mus)

Ilustrasi bau mulut.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Banyak orang mengalami gangguan bau mulut saat berpuasa, hal ini karena kurang memerhatikan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini nantinya bisa buat penampilan jadi berkurang

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2023