Tak Hanya Medis, Perawatan Psikis Penting Bagi Pasien Kanker

Ilustrasi Pasien Kanker
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Pasien penderita kanker sudah seharusnya mendapatkan pelayanan medis dari beberapa ahli dan spesialis. Terlebih, para pengidap kanker membutuhkan sebuah perawatan holistik untuk ketenangan jiwanya.

Dituding Pakai Makeup saat Tahlilan Dante, Begini Pembelaan Tamara Tyasmara

Kebutuhan manusia mencakup fisik, psikis dan sosial. Hal itu pula yang dibutuhkan pasien kanker saat menjalani pengobatannya.

"Holistic care itu memberikan kebutuhan manusia mencakup jiwa, raga, dan sosialnya. Dari segi jiwa, dibutuhkan tenaga ahli psikolog atau psikiater," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Ronald A. kepada VIVA.co.id di RS Dharmais, Jakarta.

Jalani Tes Kejiwaan, Tamara Tyasmara Tunjukkan Chatnya dengan Yudha Arfandi

Dikatakan Ronald, memberikan pelayanan dan perawatan terkait psikisnya, dapat membuat harapan hidup pasien menjadi lebih besar. Apalagi, pasien pengidap kanker ini rentan mengalami depresi.

"Psikiater itu ada di dalam tim multidisiplin pengobatan kanker, untuk mencegah depresi. Orang-orang depresi itu harus didekati dengan cara yang tepat karena risiko kematiannya lebih tinggi," jelasnya lagi.

Tamara Tyasmara Ngaku Pacaran Sama Yudha Arfandi Hampir 2 Tahun, Kok Gak Tau Sifat Aslinya?

Terkait raga, kebutuhan tersebut sudah banyak diberikan oleh spesialis onkologi, dalam mengobati sel-sel kankernya. Sedangkan, kebutuhan sosialnya, juga harus diberikan dengan tepat oleh ahli.

"Sosiolog itu perlu. Karena manusia butuh bersosialisasi. Sama halnya dengan pasien kanker, di mana peranan keluarga itu penting dijelaskan oleh sosiolog, guna meringankan sakit kanker yang dialami," kata dia.

Ilustrasi jam tangan.

Gak Cuma Penunjuk Waktu, Pakai Jam Tangan Ternyata Punya Efek Psikologis Lho

Jam tangan pada dasarnya adalah penunjuk waktu. Tapi jam tangan kini juga menjadi salah satu item fashion yang dapat menunjang penampilan dan punya efek psikologis.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024