Syarat Hidup dengan Satu Ginjal

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • kidney.org

VIVA.co.id – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Meski begitu, tubuh dapat bertahan walau hanya memiliki satu organ ginjal.

Angka Kasus Penyakit Ginjal Makin Meningkat, Sedot Dana BPJS Hingga Rp2,9 T

Kendati demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar tetap sehat. Itu lantaran ginjal memiliki fungsi berat, di antaranya menyaring darah, mengatur volume cairan darah, mengendalikan kadar gula dalam darah, dan kalium.

"Orang dengan satu ginjal dapat hidup normal, enggak ada masalah. Hidup dengan satu ginjal saja sudah cukup, asal dia tidak memiliki faktor risiko yang membahayakan," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Atma Gunawan, SpPD, dalam acara media CHEPS FKM UI, di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu, 8 April 2017.

Penyakit Ginjal Kini Serang Usia 20 Tahun, Kok Bisa?

Dalam hal ini, Atma menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu takut untuk mendonorkan salah satu ginjalnya dan hidup dengan satu ginjal lainnya. Persyaratan untuk hidup dengan satu ginjal, yang terpenting adalah tidak memiliki penyakit keturunan.

"Saat ingin donor ginjal harus di-screening dulu seluruh tubuhnya. Screening-nya mencakup ada tidaknya diabetes, penyakit jantung, serta infeksi pada ginjalnya," kata Atma.

Jadi Penyebab Lukas Enembe Meninggal, Gaya Hidup Ini Direkomendasikan untuk Penderita Gagal Ginjal

Pada kesempatan yang sama, spesialis penyakit dalam dr. Afiatin SpPD membenarkan hal tersebut. Afiatin berujar, tubuh masih dapat hidup dengan sehat, meski dengan hanya satu ginjal.

"Donor ginjal itu kan diambil dari orang normal, enggak boleh ada sakitnya, ada prosedurnya. Jadi, sangat jarang mereka yang donor dan hidup dengan satu ginjal mengalami kesakitan. Cukup lebih rajin check up saja agar menjaga kualitas fungsi ginjalnya," kata Afiatin. (art)

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.

Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

peningkatan kasus penyakit ginjal ini bisa meningkat lantaran beberapa faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang bisa membuat fungsi ginjal menurun. 

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024