Uban di Usia Muda Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa rambut beruban lebih dini membuat Anda berisiko tinggi terkena serangan jantung.

Jangan Asal Cabut Uban, Ini 6 Bahaya yang Bisa Mengintai Anda

Sejumlah ilmuwan telah menemukan bahwa rambut yang memutih dapat mengindikasikan peningkatan risiko kerusakan arteri yang menyuplai darah ke jantung.

Dilansir Telegraph, para ilmuwan yakin beberapa mekanisme biologi yang mendorong penyakit arteri koroner juga bertanggung jawab pada timbulnya uban.

Zaidul Akbar Berbagi Resep Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali

Hal tersebut termasuk perbaikan DNA yang tidak sempurna, stres oksidatif, peradangan, perubahan hormonal dan berhentinya pertumbuhan sel.

Hasil penelitian ini dikatakan bisa membuka jalan untuk mengidentifikasi risiko besar pasien mengalami penyakit jantung hanya dengan melihat warna rambut mereka.

Terpopuler: Kisah Petugas Haji Melayani Tamu-tamu Allah, Pentingnya Pendidikan Seks Anak

"Atherosclerosis (penyakit arteri) dan uban muncul melalui jalur biologis yang mirip dan insiden keduanya meningkat seiring usia," jelas Dr Irini Samuel, ahli kardiolog di Cairo University di Mesir.

Dr Samuel melanjutkan, penemuan ini menyatakan bahwa terlepas dari usia kronologis, uban mengindikasikan usia biologis dan bisa menjadi peringatan adanya peningkatan risiko kardiovaskular.

Rambut yang memutih ternyata diketahui sebagai prediktor tunggal dari penyempitan dan pengerasan pembuluh darah koroner bersamaan dengan tekanan darah tinggi serta kadar lemak darah yang tidak normal.

Meski begitu, Dr Samuel menambahkan, penelitian lebih lanjut dibutuhkan dengan koordinasi bersama ahli dermatologi, untuk mempelajari lebih jauh mengenai penyebab genetik dan faktor lingkungan yang bisa dihindari yang menyebabkan uban.

Penelitian ini telah dipresentasikan di EuroPrevent 2017, pertemuan tahunan dari European Association of Preventive Cardiology, di Malaga, Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya