Jangan Langsung Menggosok Gigi Usai Konsumsi Makanan Asam

Ilustrasi sikat gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bagi Anda yang hobi menyantap makanan dengan rasa asam, harus berhati-hati dengan masalah mulut dan gigi Anda. Karena, makanan asam merupakan salah satu pemicu gigi sensitif atau ngilu.

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Menurut dokter spesialis konsultan konservasi gigi, drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes, Sp.GK(K), setelah makan atau minum yang terasa asam, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi.

"Paling tidak ditunggu 30-60 menit supaya ada remineralisasi dari ludah. Ludah itu punya kalsium dan fosfat. Itu adalah mineral yang bisa memineralisasi," ujar Diatri kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Proses ini harus dilakukan karena makanan atau minuman yang memiliki rasa asam dapat membuat gusi lebih lunak. Jika langsung menggosok gigi, tentu itu bisa membuat gusi menjadi rusak dan akhirnya membuat gigi sensitif.

Diatri menuturkan, salah satu penyebab gigi sensitif adalah cara menggosok gigi yang salah yang mengakibatkan gusi turun.

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain menunda menggosok gigi, cara lain untuk melindungi gigi setelah menyantap makanan asam adalah dengan meminum susu. Diatri mengatakan, susu bersifat alkali yang bisa menyeimbangkan antara asam dan basa di dalam mulut. Atau, bisa juga dengan mengonsumsi pepaya. (mus)

Ilustrasi gambar kopi.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Kopi, teh, cola, anggur, dan beberapa makanan bertepung seperti pasta atau kentang, dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan pewarnaan gigi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021