Alasan Munculnya Sakit Kepala saat Tak Konsumsi Kafein

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Teh dan kopi sudah menjadi bagian dari rutinitas banyak orang. Bahkan pada beberapa orang, mengaku sakit kepala jika melewatkan rutinitasnya tersebut.

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, Kesehatan Bisa Terancam

Dilansir dari laman Medical Daily, kondisi tersebut ternyata umum dialami bagi para peminum kafein. Alasannya, ternyata sangat unik. Kafein memiliki cara kerja yang sama dengan molekul adenosin di tubuh.

Molekul Adenosin adalah reseptor pada sel sel otak yang memicu tubuh tetap aktif bekerja karena memberikan regulasi berbeda pada neurotransmitter di otak.

5 Makanan yang Patut Dihindari Saat Sahur, Dijamin Puasa Tahan Seharian

Kafein yang memiliki molekul yang mirip dengan adenosin, memberi cara kerja yang sama seperti adenosin. Sehingga, kafein menyetop fungsi dari adenosin di tubuh, dan menggantikan posisi adenosin di otak. Maka, tidak heran, usai konsumsi kopi, memberikan energi berbeda pada tubuh.

Biokemistri antar kafein ini memang belum begitu rinci. Namun, studi menuturkan, rutinitas konsumsi kafein membuat sel-sel otak membentuk lebih banyak lagi reseptor adenosin. Jadi, saat tidak konsumsi kafein di pagi hari, akan ada reseptor yang lebih banyak, untuk dikerjakan oleh adenosin, mengubah tingkat neurotransmiter, dan membuat kantuk lebih terasa.

Ini Penyebab Tremor yang Bikin Tangan Suka Gemetar

Akibatnya, perubahan ini memberikan tanda gejala pada tubuh yang mencakup psikis mau pun fisik seseorang. Kehilangan kafein dalam rutinitas harian, salah satunya, memberikan rasa sakit kepala. Sebab, hal ini menjadi cara tubuh, untuk mampu beradaptasi dengan perubahan tubuh.

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Dijamin Gak Bikin Begah

Saat bulan Ramadan tiba, umat Muslim bersiap untuk menunaikan ibadah puasa. Buka puasa menjadi momen yang dinanti-nanti setelah seharian menahan lapar dan haus.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024