Langsing Lewat Bedah Bariatrik, Berapa Biayanya?

Foto ilustrasi tindakan operasi.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Penanganan obesitas bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain mengubah gaya hidup dengan makan-makanan sehat, diet, aktivitas fisik dan olahraga, konsumsi obat, dan yang terakhir adalah operasi atau pembedahan.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Tindakan operasi yang paling efektif dilakukan adalah bedah bariatrik. Menurut Spesialis bedah, dr. Handy Wing, SpB, FBMS, FINACS, FICS, bedah bariatrik merupakan teknik operasi pengecilan dan bypass lambung yang bertujuan untuk menurunkan berat badan untuk mengatasi obesitas.

Di negara-negara maju, bedah bariatrik sudah umum dilakukan karena terbukti efektif menurunkan berat badan yang dapat bertahan dalam jangka panjang.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

"Saat ini operasi bariatrik dipandang sebagai terapi yang paling efektif mengatasi obesitas dengan efek bonus mengontrol penyakit diabetes. Namun, metode ini belum populer di Indonesia dan belum banyak diketahui oleh pasien penyandang obesitas," ujar Handy saat ditemui di RS Omni Alam Sutra, Tangerang, Selasa 2 Mei 2017.

Meski efektif turunkan berat badan, tapi ada kriteria yang harus dipenuhi untuk menjalani operasi ini. Handy mengatakan, tolak ukur yang dipakai adalah pasien memiliki indeks massa tubuh lebih dari 35 atau 40. Atau, mengalami kelebihan berat badan 45 kg di atas berat badan idealnya.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Selain itu, pasien juga memiliki indikasi penyakit penyerta seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi, gangguan napas, dan penyakit kardiovaskular.

"Usia yang dibolehkan menjalani operasi bariatrik adalah 18-60 tahun atau sudah melewati masa pertumbuhan. Dalam beberapa kasus, anak di atas 13 tahun bisa operasi jika obesitas sudah sangat mengganggu dan menyebabkan penyakit berbahaya pada anak," kata Handy.

Perlu diingat bahwa bedah bariatrik bukanlah tindakan yang instan dan magis. Operasi ini hanya memgecilkan lambung sehingga menghambat serapan makanan.

Bedah ini juga tidak menentukan hasil berat badan yang Anda inginkan. Tapi, tergantung dari bagaimana Anda berkomitmen mengubah konsumsi makanan menjadi lebih sehat dengan jumlah lebih sedikit. Serta melakukan olahraga fisik, menghindari stres, dan tidur cukup.

Jika Anda merasa memenuhi kriteria bedah bariatrik dan ingin menjalani operasi ini, Direktur RS Omni Alam Sutra dr. Agus Wahyudi, MBA mengatakan, biaya yang diperlukan adalah Rp45-Rp60 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya