Terkuak, Sarung Bantal jadi Pemicu Timbulnya Jerawat Remaja

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Remaja biasanya sering mengalami masalah kulit, seperti berjerawat. Masalah ini tidak hanya dipengaruhi perubahan hormon pada remaja, tetapi juga perawatan yang tanpa mereka sadari tidak dilakukan dengan baik.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Ahli dermatologi, dr. Jessy Suryadi mengatakan, ada beberapa perawatan yang diabaikan remaja, atau anak muda yang menyebabkan masalah kulit. Di antaranya, adalah pola makan dan minum air putih.

"Kalau berharap kulit bisa bagus, tetapi minum air putih juga tidak cukup, bisa berpengaruh besar pada kulit. Setidaknya kita minum 2-3 liter per hari, di luar kopi dan teh, atau sekitar 8-12 gelas per hari," jelas Jessy, saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

Dengan banyak minum, hidrasi juga baik, tambah Jessy, kulit pun semuanya akan menjadi baik. Untuk masalah jerawat misalnya, kita harus menyadari bahwa kulit adalah benda hidup yang jika kurang air akan merespons dengan mengeluarkan sesuatu yang tidak mudah menguap, yaitu kulit menjadi berminyak.

"Kalau kulit makin berminyak karena dehidrasi, maka semakin besar risiko berjerawat," katanya.

Jelang Valentine Ramai di Media Sosial Penggunaan Basic Skincare, Seberapa Efektif Hasilnya?

Jadi, pada anak muda sangat dianjurkan minum air putih yang cukup, serta rutin mengganti sarung bantal. Karena, secara tidak sadar kulit muka kita menempel selama berjam-jam pada bantal. Jika ada bakteri, bisa menjadi sumber jerawat.

"Yang menggunakan hijab juga, beberapa lama harus diganti. Begitu juga yang menggunakan helm. Apapun yang memiliki kontak dengan kulit sangat penting untuk diganti," kata Jessy. (asp)

Ilustrasi kulit berjerawat.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Jerawat memang bikin kesal, tapi bekasnya yang sulit hilang jauh lebih menjengkelkan. Terlebih jika sudah menjadi bopeng yang parah, maka akan lebih sulit lagi diatasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024