Tips Agar Tetap Bugar di Usia Senja

Pasangan lansia jalan kaki.
Sumber :
  • Jalan Kaki

VIVA.co.id – Ketika menginjak usia lansia, penurunan fungsi tubuh terjadi secara konstan, sehingga aktivitas menjadi sulit dijalani.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan dilakukannya upaya pencegahan melalui pola hidup sehat dan positif.

"Permasalahan lansia itu banyak, yang dipicu dari penurunan fungsi tubuh tadi. Paling sering, permasalahannya mencakup sulit mendengar, pandangan rabun, demensia, dan sulit buang air," ujar Founder Kalbe Farma, dr. Boenyamin Setiawan, dalam acara Kalbe Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 22 Mei 2017.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Namun, dokter Boen menegaskan, hal tersebut bukan tidak bisa dicegah. Kunci utama menurutnya dengan menjalani pola hidup 10 B, agar bisa mencegah ragam permasalahan di usia senja.

"Atasi penuaan dengan 10 B, yaitu Banyak makan buah dan sayur, Bekerja terus, Belajar tanpa henti, Berolahraga, dan Beristirahat cukup," ujar Boen.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Berolahraga, lanjut Boen, diusahakan dengan berjalan santai selama 30 menit dalam waktu 5 kali sehari. Dengan lima B utama tersebut, tubuh bisa menjalani fungsi utamanya untuk tetap bekerja tanpa berlebihan.

Dilanjutkannya, lima kunci lainnya juga cukup penting, dengan memperhatikan kebutuhan psikis. "Bersyukur, Beribadah, Berbagi ide, Bergembira, dan Bersosialisasi. Pikiran positif membantu tubuh bekerja lebih baik," kata dia. (asp)

Ilustrasi mayat

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Amsiah lansia berusia 75 tahun, warga Kecamatan Cilondong, Depok tewas usai tertimpa atap rumah yang ambruk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024