Angka Gangguan Tiroid Indonesia Tertinggi Se-Asia Tenggara

Ilustrasi sakit tenggorokan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Gangguan tiroid merupakan gangguan yang menyerang kelenjar tiroid, baik itu dalam gangguan fungsi dalam memproduksi tiroid, maupun adanya kelainan kelenjar tiroid tanpa gangguan fungsi.

Kesemutan, Waspada Gejala Gangguan Tiroid

Hormon tiroid ini sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh, demi membantu tubuh menggunakan energi agar tetap hangat, serta membuat otak, jantung, otot dan organ lainnya bekerja sebagaimana mestinya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowatu, MM menyatakan, berdasarkan hasil riset IMS Health, di tahun 2015 Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan gangguan tiroid tertinggi di Asia Tenggara.

Obesitas Picu Lima Jenis Kanker Berbahaya Ini

"Sebanyak 17 juta masyarakat Indonesia mengalami gangguan tiroid," kata Lily di Gedung Kemenkes, Jakarta, saat acara Pekan Kesadaran Tiroid Internasional, Jumat, 26 Mei 2017.

Menurutnya, gejala gangguan tiroid sangat bervariasi dan tidak khas sehingga sering kali hanya dianggap sebagai keluhan akibat gaya hidup. Hal ini pun menjadikan gangguan tiroid diabaikan serta tidak terdiagnosis sehingga terlambat diobati.

Awas, Lima Kebiasaan Ini Sebabkan Masalah Tiroid

“Jumlah ini bisa jadi lebih tinggi karena masih banyak kasus gangguan tiroid yang belum terdiagnosa,” ucap Lily menambahkan.

Jika gangguan tiroid ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka akan memengaruhi kualitas hidup sehari-hari dan memberikan dampak psikologis yang memberatkan penderitanya.

Ilustrasi wanita

Menguak Penyebab Wanita Tak Kunjung Menstruasi

Ada yang tidak menstruasi beberapa bulan.

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2017