Jenis Tumor yang Bisa jadi Penyebab Kanker Nasofaring

Kim Woo Bin menderita kanker nasofaring.
Sumber :
  • Soompi

VIVA.co.id – Belakangan nama penyakit kanker nasofaring atau nasopharyngeal cancer banyak menarik keingintahuan orang sejak aktor ternama Korea Selatan Kim Woo Bin didiagnosis menderita kanker ini.

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Dilansir laman American Cancer Society, kanker nasofaring adalah kanker yang bermula pada nasofaring, bagian paling atas dari tenggorokan yang terletak di belakang hidung dan dekat dengan dasar tengkorak kepala.

Nasofaring berbentuk seperti ruangan kotak yang berukuran sekitar 1,5 inch pada tepiannya. Letaknya membujur tepat di atas bagian lunak langit mulut dan sedikit di belakang saluran napas. Nasofaring berfungsi sebagai jalur udara dari hidung ke tenggorokan yang pada akhirnya beredar ke paru-paru.

6 Tahun Jalin Asmara, Kim Woo Bin dan Shin Min Ah Segera Nikah

Ada beberapa jenis tumor yang bisa tumbuh di dalam nasofaring. Beberapa di antaranya jinak atau bukan kanker, tapi beberapa jenis lainnya cukup ganas atau bersifat kanker.

Tumor jinak nasofaring cukup jarang terjadi dan cenderung muncul pada anak-anak dan dewasa muda. Tumor ini tidak menyebar ke bagian tubuh lain dan biasanya tidak mengancam nyawa.

Profil Shin Min Ah, Kekasih Kim Woo Bin

Tumor ini meliputi bentuk tidak normal dari sistem vaskular atau sistem yang membawa darah, seperti angiofibromas dan hemangiomas, dan tumor jinak kelenjar liur minor di dalam nasofaring.

Sedangkan jenis yang lebih ganas, kanker nasofaring bisa menyerang jaringan sekitarnya dan bagian tubuh lain. Karsinoma nasofaring adalah jenis tumor ganas yang paling umum terjadi di nasofaring. Karsinoma adalah kanker yang berawal di sel epitel, sel yang melapisi bagian dalam dan luar permukaan tubuh.

Ada tiga jenis karsinoma nasofaring yaitu karsinoma sel skuamos keratinisasi, karsinoma berdiferensiasi non-keratinisasi, dan karsinoma tidak berdiferensiasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya