Trik Usir Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Berpuasa dari subuh hingga mangrib, tidak makan dan minum, seringkali menimbulkan aroma muluttak sedap. Bau mulut atau halitosisi menjadi persoalan yang sering muncul sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam pergaulan.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Mengenai masalah bau mulut, Drg. Felicia Melati menjelaskan, bahwa saat berpuasa, rongga mulut akan lebih kering dari biasanya karena tidak ada makanan yang dikunyah selama satu hari penuh sehingga produksi saliva berkurang. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya bau mulut.

"Hal tersebut menyebabkan bakteri anaerob penghasil belerang berkembang baik terutama pada kondisi oral hygiene buruk," tuturnya.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Felicia merincikan, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi bau mulut selama puasa. Di antaranya, menjaga mulut dengan menyikat gigi dan lidah dengan benar dan teratur setidaknya dua kali sehari, yaitu saat sahur dan sebelum tidur.

Kemudian, berkumur dengan benar saat berwudhu. Hal itu dapat mengatasi kondisi mulut yang cenderung kering sehingga dapat membantu menurunkan halitosis. Selain itu, kata Felicia, memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta minum air putih yang banyak pada saat sahur dan berbuka untuk mencegah dehidrasi.

Tidak Boleh Jual Makanan Siang Hari di Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya
Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah tindakan yang serius dalam Islam dan berpotensi mendatangkan dosa yang besar. Dosa tersebut termasuk melanggar peri

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024