Ini Alasan Kenapa Orang Mudah Mengingat Lirik Lagu

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat mendengar sebuah lagu, biasanya, sebait liriknya akan teringat terus menerus selama satu harian penuh. Ternyata, peneliti menemukan, hal itu dipengaruhi, konten irama dari lagu tersebut.

Begini Cara Otak Produksi Rasa Takut saat Nonton Film Horor

Dilansir laman Durham University, sebagian besar lagu akan terus hadir dan teringat, karena irama dari lagu tersebut. Irama yang unik, berbeda, namun bertempo cepat, biasanya lebih mudah menempel di otak.

"Jenis musik yang memiliki tempo cepat dengan bentuk nada yang familiar dan pengulangan lirik yang tidak biasa, seperti liriknya Bad Romance dari Lady Gaga," ujar peneliti Dr. Kelly Jakubowski.

Baca Melalui Layar Komputer dapat Ubah Cara Kerja Otak?

Studi yang dipublikasikan dalam Psychology of Aesthetics, Creativity and the Arts, para peneliti mengidentifikasikan tiga karakteristik yang membuat otak terus mengingat sebuah lagu, mencakup kecepatan, irama, dan interval yang unik.

Untuk kecepatan, biasanya, lagu dengan tempo upbeat akan lebih mudah diingat. Sedangkan irama yang cenderung diingat, yaitu yang memiliki struktur sederhana namun, mempunyai tema yang kuat.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Terakhir, yang dimaksud interval yang unik, bisa didengar pada bagian reff, yang cenderung tidak biasa, diulang beberapa kali, dan tidak seperti musik pop pada umumnya.

Kelly menuturkan, hampir 90 persen individu akan mengalami earworm, atau teringat dengan satu jenis musik, minimal satu kali dalam seminggu. Hal ini sangat normal terjadi, di mana otak biasanya tidak melakukan pekerjaan terlalu berat seperti saat mandi dan berjalan. (asp)

Ilustrasi pria bekerja.

Kerja di Ruangan Bercahaya Redup Bisa Bikin Bodoh

Ini merupakan hasil sebuah studi yang telah diuji coba pada tikus.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2018